Malaysia 'Haramkan' Warga Indonesia Masuk Wilayahnya

Selain Indonesia, warga Filipina dan India juga dilarang masuk

Malaysia 'Haramkan' Warga Indonesia Masuk Wilayahnya
Menara Petronasi ikon di Malaysia. (Ist)

MALAYSIA - Pemerintah Malaysia mulai 7 September 2020 'Mengharamkan' warga negara India, Indonesia dan Filipina untuk masuk ke wilayahnya. Hal ini karena ketiga negara tersebut memiliki jumlah kasus Covid-19 yang terus tinggi.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri saat gelar konferensi yang disiarkan televisi setempat, Selasa (1/9/2020).

Tidak hanya wisatawan, aturan ini juga berlaku untuk pelajar, ekspatriat, permanent resident, termasuk anggota keluarganya.

"Meeting hari ini diputuskan untuk menerapkan larangan masuk warga India, Indonesia, dan Filipina ke Malaysia," ujarnya.

Keputusan ini menurutnya merupakan saran dari Kementerian Kesehatan Malaysia, yang merasa larangan masuk akan menjadi metode paling efektif untuk mengurangi kasus impor Corona di Malaysia. "Malaysia akan terus memonitor situasi dan bisa memperlebar larangan jika virus kembali meningkat di banyak negara," ucapnya.

Larangan masuk juga berlaku buat pasangan dari warga Malaysia dan pelajar yang biasanya masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan ke Malaysia di masa perjalanan yang ketat di kala pandemi ini.

"Kami sudah mulai mengetatkan pintu perbatasan dengan tidak mengizinkan orang dari tiga negara itu untuk memasuki Malaysia," tandasnya.

Pihaknya juga kini tengah menyiapkan kepulangan warga Malaysia dari negara-negara yang tengah mengalami musim dingin.(Sp)