Misteri Asal Muasal Rumah Kentang Gandul

Konon, seorang anak kecil tewas setelah jatuh ke dalam kuali besar yang digunakan ibunya untuk merebus kentang. Benarkah?

Misteri Asal Muasal Rumah Kentang Gandul
Youtube

Terletak di salah satu jalan utama di kawasan  Gandul, Cinere, Depok,  rumah besar bernomor 19-c tersebut memang terlihat berbeda, jika dibandingkan  dengan rumah-rumah lainnya. Didominasi warna merah, rumah dua lantai tersebut tampak tak terawat. Hal ini ditandai dengan kusen-kusen rumah yang telah lapuk, serta keberadaan pohon dan rumput-rumput liar yang tumbuh di halaman dan sudut-sudut rumah.

Kondisi ini tak pelak menyemburkan hawa yang tak biasa dari rumah tersebut. Ya, konon rumah ini menyimpan kisah misteri yang berhubungan dengan kentang. Menurut keterangan warga, setap menjelang Maghrib hingga tengah malam, dari rumah misterius  tersebut tercium aroma kentang rebus, yang amat menyengat. Karenanya, warga pun menamai rumah ini dengan sebutan Rumah Kentang.  “Sering banget  kecium bau kentang. Setiap habis Maghrib, sering muncul bau kentang rebus, wangi,” ujar Rumi, warga sekitar. 

Keberadaan Rumah Kentang Gandul kian jadi perbincangan, setelah beredar cerita dari mulut ke mulut terkait keberadaannya, dengan bumbu berbagai cerita mistis di dalamnya. Menurut Rudi, penjaga rumah, aroma kentang rebus acap tercium, konon lantaran pernah terjadi peristiwa tragis di rumah tersebut. Dimana seorang anak kecil tewas setelah  jatuh ke dalam kuali besar yang digunakan ibunya untuk merebus kentang.

Meski kebenaran cerita tersebut masih menjadi sebuah tanda tanya, namun banyak masyarakat yang sudah terlanjur meyakini cerita tersebut. Dari sinilah, misteri yang memayungi keberadaan Rumah Kentang Gandul yang dihuni beragam mahluk tak kasat mata, kian terangkat ke permukaan. “Ceritanya sih seperti itu. Tapi soal benar atau tidaknya cerita tersebut, saya juga tidak tahu karena tidak mengetahui langsung kejadian tersebut,” ungkap Rudi.    

Keberadaan Rumah Kentang Gandul, pastinya tidak ujug-ujug ada begitu saja. Menurut Rudi, rumah ini sebenarnya dibangun oleh pemiliknya sejak 20 tahun lalu. Namun selepas peristiwa anak kecil tewas terjatuh ke dalam kuali besar yang digunakan untuk merebus kentang, rumah ini dijual oleh pemiliknya. 

Oleh pemilik barunya, yang ternyata tidak mengetahui peristiwa tersebut, rumah inipun kemudian dikontrakkan, termasuk kepada keluarga bule. Namun lantaran sering banyaknya godaan dari penghuni lain, satu persatu pengontrakpun pindah, termasuk keluarga bule tersebut. 

Dan hingga kini, Rumah Kentang Gandul  tercatat sudah kosong tak berpenghuni sejak 15 tahun lalu. “Ya, sudah dbangun sejak puluhan tahun lalu dan pernah ada penghuninya kok. Kenapa kemudian dikosongkan hingga sekarang, itu yang saya juga tidak tahu,” ujar M. Sandi, Ketua RT setempat. (Car)