Pemerintah Siapkan Hotel Berbintang untuk Isolasi Pasien Covid-19

Mereka yang mempunyai gejala ringan dan OTG

Pemerintah Siapkan Hotel Berbintang untuk Isolasi Pasien Covid-19
Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto. (Ist)

JAKARTA - Tingginya angka kasus positif Covid-19 membuat Pemerintah memutar otak untuk fasilitas tempat isolasi. Tidak hanya di Wisma Atlet Kemayoran dan beberapa rumah sakit, kini Pemerintah siap menyediakan hotel untuk lokasi isolasi.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, khusus untuk hotel akan digunakan oleh mereka yang dinyatakan positif namun dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

"Untuk hotel bintang 2 dan 3 di Jakarta juga dapat dipergunakan untuk isolasi mandiri untuk yang tanpa gejala," ujarnya, Senin (14/9/2020).

Rencananya akan ada 10-15 hotel yang disiapkan, dengan total ada 1.500 kamar hotel di Jakarta yang bisa digunakan untuk 3.000 pasien. Beberapa hotel diantaranya Hotel Accor, Novotel, Ibis dan Hotel Haris.

"Di samping itu, hotel-hotel tersebut juga siap membantu pemerintah bila memerlukan hotel untuk isolasi di luar Jakarta," ucap dia.

Di RS Darurat Wisma Atlet, telah disiapkan di dua tower, yaitu tower 6 dengan kapasitas 1.746 tempat tidur dan tower 7 dengan kapasitas 2.472 tempat tidur untuk pasien gejala ringan atau OTG.

"Tower 6 terdapat tempat tidur sebanyak 1746, sudah terisi 888. Sedangkan tower 7 terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 749," jelasnya.

Sedangkan untuk pasien tanpa gejala, telah disediakan Flat Isolasi Mandiri di Wisma Atlet Kemayoran di tower 4 dan 5 dengan kapasitas hampir 5.000 kamar.(Sp)