Pilkada 2020, KB FKKPI Sidoarjo Aktif Mengedukasi Pemilih Pemula

Untuk menekan angka Golput

Pilkada 2020, KB FKKPI Sidoarjo Aktif Mengedukasi Pemilih Pemula
Koordinasi KB FKKPI Sidoarjo dengan Bawaslu

SIDOARJO - Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawiran dan Putra Putri TNI-Polri (KB FKPPI) Kabupaten Sidoarjo terlibat aktif untuk mengedukasi calon pemilih pada Pilkada 2020.

Ketua KB FKKPI Sidoarjo, Afrizal Al mengatakan, keterlibatan ini berdasarkan kekhawatiran akan tingginyan perkiraan angka Golput, terutama di pemilih muda atau pemula. Selain itu, KB FKKPI juga ingin agar para kontestan secara langsung mengungkapkan visi misinya kepada masyarakat.

"Kami ingin para pemilih pemula dapat mengenal lebih dekat para calon pemimpin Kabupaten Sidoarjo dengan program kerjanya. Sehingga para pemilih pemula dapat memilih dari ketiga calon yang terbaik," ujarnya, Selasa (8/9/2020).

Oleh karena itu, KB FKKPI Sidoarjo berencana mengundang ketiga pasangan calon pada 19 September 2020. Hal ini tengah dikoordinasikan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo.

"Dengan pemaparan program kerja yang dilakukan oleh para calon, pemilih pada khususnya pemilih pemula tidak memilih kucing dalam karung," ucapnya.

Sementara Bendahara KB FKKPI Sidoarjo, TM. Fuad Hassan menambahkan, apa yang dilakukan pihaknya sebagai wujud nyata Bela Negara.

"Saat ini perwujudan Bela Negara tidak selalu harus dengan mengangkat senjata atau berperang, namun keikutsertaan para pemilih untuk menggunakan hak pilihnya dalam berdemokrasi dapat dikategorikan perwujudan Bela Negara," ungkap Alumni ToT Diklat Kader Bela Negara Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan ini.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Mukhamad Iskak sangat berterimakasih kepada KB FKPPI yang akan melakukan acara tersebut. Karena membantu salah satu tugas kewenangan KPU yaitu menyosialisasikan penyelenggaraan Pemilu dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang KPU Kabupaten/Kota kepada masyarakat, dalam hal ini mengenalkan para calon kepada masyarakat.

Sementara Agung Nugraha, sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Sidoarjo mengapresiasi upaya yang akan dilakukan oleh KB FKPPI Kabupaten Sidoarjo. "Hal ini merupakan peran aktif elemen masyarakat dalam mensukseskan pesta demokrasi, semoga upaya tersebut bisa dicontoh oleh elemen masyarakat lainnya," tandasnya. (Sp)