Ternyata Ini Penyebab Api Cepat Membakar Gedung Kejagung RI

Bareskrim Polri paparkan hasil olah TKP terkait kebakaran tersebut

Ternyata Ini Penyebab Api Cepat Membakar Gedung Kejagung RI
Gedung Kejagung RI terbakar. (Istimewa)

JAKARTA - Bareskrim Polri memaparkan hasil penyelidikan terkait kebakaran gedung Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. Fakta-fakta pun terungkap.

"Asal api diduga dari lantai 6 ruang rapat biro kepegawaian lalu menjalar ke ruangan serta lantai lain," ujar Kabareskrim, Komjen Pol Listyo Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kamis (17/9/2020).

Menurut Listyo, ada beberapa penyebab api langsung membesar. Salah satunya adalah cairan di ruangan itu hingga material gedung.

"Dipercepat terjadi karena penyebaran api tersebut karena ada akseleran pada lapisan luar gedung dan ada beberapa cairan minyak lobi yang mengandung senyawa hidrokarbon dan kondisi gedung yang hanya disekat bahan mudah terbakar," jelasnya.

Pemaparan ini merupakan hasil dari 6 kali olah TKP yang dilakukan Polri dan pemeriksaan 131 saksi.

Sementara Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimiladi, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, Senin (14/9/2020) meminta agar anggaran pembangunan gedung baru sebesar Rp 400 miliar bisa dimasukan dalam APBN 2021.

"Oleh karena itu Kejaksaan memohon kiranya Komisi III DPR dapat mendukung dan menyetujui tambahan anggaran di tahun 2021 sebesar Rp 400 miliar untuk pembangunan kembali gedung utama kejaksaan," tandasnya.(Sp)