Kilang Pertamina di Pertamina Terbakar, Warga Diungsikan

0 37

SPcom INDRAMAYU – Kilang minyak milik PT Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. Ledakan besar terjadi dan melukai beberapa warga.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengungkapkan insiden kebakaran di Kilang Balongan terjadi pada pukul 00.45 WIB.

“Telah terjadi insiden di Kilang Pertamina Balongan yang menyebabkan kebakaran pada tangki T-301G mulai sekitar pukul 00.45 WIB dini hari,” ujar Ifki dalam siaran pers.

Menurutnya, tim Health Safety Security & Environmental (HSSE) Kilang Balongan tengah berupaya memadamkan api di Kilang. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut.

Untuk mencegah kebakaran meluas, Pertamina telah melakukan normal shutdown guna mengendalikan arus minyak. “Pertamina menyiapkan  tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu,” terangnya.

Dari keterangan Ifki, saat kejadian ada 4 warga yang lewat sekitar lokasi dan terdampak dari kebakaran besar. Mereka mengalami luka bakar dan langsung dibawa ke RSUD Indramayu.

“Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal,” ucapnya.

Warga yang diungsikan berasal dari desa Kesambi yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan tempat kejadian. Di tempat pengungsian, Pertamina menyiapkan kelengkapan pencegahan covid 19 berupa masker dan hand sanitizer, serta memastikan warga tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid.

“Untuk logistik, Pertamina akan membantu penyediaan konsumsi bagi warga di pengungsian. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan terpal serta kebutuhan warga lainnya di pengungsian,” tandasnya.

Sekitar pukul 06.00 WIB sudah tidak nampak api besar, hanya saja asap hitam masih mengepul dari kilang tersebut.(Sp)

Leave A Reply

Your email address will not be published.