Presiden Penyair Malioboro Tutup Usia

0 124

SPcom SURABAYA – Seniman berduka “Presiden Penyair Malioboro” meninggal dunia. Umbu Landu Paranggi penyair legendaris dan guru besar Emha Ainun Najib, Ebiet G Ade serta Linus Suryadi ini meninggal pada usia 77 tahun.

Sang maestro puisi kelahiran Kananggar, Paberiwai, Sumba Timur, 10 Agustus 1943 ini meninggal dunia pada hari Selasa (6/4/2021), di RS Bali Mandara.

Sosok yang terkenal misterius dan suka “menggelandang” di Malioboro, terakhir meniti jalannya di Bali. Ia seniman yang cenderung menjauh dari dunia publisitas disebut sebagai tokoh misterius dalam dunia sastra Indonesia sejak 1960-an.

Namanya dikenal melalui karya-karyanya berupa esai dan puisi yang dipublikasikan di berbagai media massabitupun hanya sebagian kecil saja. Yang sebagian besar hanya disimpan dan dibacakan di kumpulan-kumpulan kecil penyair muda di Yogyakarta dan Bali.

Umbu merupakan sosok yang sederhana, dan tidak haus publisitas namun banyak menginspirasi di dunia sastra dan budaya. Selamat jalan guru besar sastra indonesia. Semoga mendapat yang terbaik disisi-Nya. (Doni)

Leave A Reply

Your email address will not be published.