suryapagi.com
HEADLINENEWSREGIONAL

Awan Mendung, Hilal Tidak Terlihat di Lembang

Spcom BANDUNG – Hasil pengamatan hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah di Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung Barat tidak terlihat karena terhalang oleh awan.

Kegiatan pengamatan hilal yang dilaksanakan oleh staf Observatorium Bosscha diadakan secara tertutup karena masih dalam suasana pandemi COVID-19. Namun pihak Observatorium Bosscha menyediakan link streaming bagi masyarakat yang ingin turut serta melakukan pengamatan hilal awal Ramadhan di kanal YouTube Bosscha Observatory https://youtu.be/Ri40fCrjuBA .

“Kondisi cuaca tantangan yang utama untuk pengamatan kali ini. Karakteristik hilal saat ini memang termasuk sulit namun kami yakin masih bisa diamati bila cuaca mendukung,” ungkap Peneliti Observatorium Bosscha Yatny Yulianty, Senin (12/4/2021).

Pengamatan hilal dilakukan menggunakan dua buah teleskop berukuran 106 mm dan 66 mm berjenis refraktor yang masing-masing dilengkapi detektor kamera berbasis CCD. Citra yang ditangkap oleh kamera kemudian diproses menggunakan perangkat pengolahan citra untuk meningkatkan tampilan sabit bulan.

Namun hingga pukul 18:08 WIB kondisi cuaca masih dalam keadaan mendung merata sehingga memberikan halangan untuk mendeteksi sabit bulan tipis. (Sp)

Related posts

Waspada, Oknum Mengatasnamakan Satpol PP Minta Uang Denda PPKM

Ester Minar

Presiden Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wakil Menteri

Ester Minar

Posko Pengaduan Korban Arisan Lelang Dibuka di Polres BU

Sandi

Leave a Comment