suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Lecehkan Agama Hindu, PHDI Bali Laporkan Desak Made Ke Polisi

SPcom BALI – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali, melaporkan Desak Made Dharmawati ke Polda Bali, atas dugaan penodaan agama. Hal tersebut dilakukan setelah organisasi umat Hindu ini mendengarkan pandangan sejumlah tokoh, melalui Forum Group Discussion.

Anggota DPR dari daerah pemilihan Bali, I Wayan Sudirta, yang menjadi salah satu narasumber, memberikan pandangan secara hukum. Pelaporan terhadap Desak Made Dharmawati sudah dilayangkan ke Polda Bali, pada Senin kemarin.

‘’Laporan ke polisi ini penting, agar ke depan jangan lah ada lagi orang lain seperti Desak Dharmawati, melakukan penodaan dan pelecehan agama Hindu maupun agama lainnya. Jangan lagi ada menista agama apapun yang diakui di Indonesia, di bawah kebhinnekaan, semangat dan budaya gotong royong, saling asah saling asuh, bukan sebaliknya, saling menyakiti,’’ kata Sudirta, Selasa (20/42021).

Sudirta mengatakan, pelaporan ke polisi bukan untuk menyakiti ataupun balas dendam. Tetapi semata-mata untuk memberi efek jera dan mencegah jangan lagi ada orang lain yang melakukan hal serupa di kemudian hari.

‘’Sebagai wakil rakyat Bali, kami mengajak semua pihak yang telah melaporkan Desak Dharmawati ke Polda Bali, melakukannya tanpa kebencian, karena Hindu mengajarkan kedamaian, shanti, persaudaraan dan cinta kasih; tatwam asi, sikap emoh-kekerasan, ahimsa,’’ tutur Sudirta.

Ia juga mengapresiasi berbagai elemen umat Hindu yang melaporkan video Desak Made Dharmawati itu ke polisi dan mendorong mereka untuk bersinergi, guna membantu kepolisian dalam pengusutan kasus.

Anggota parlemen Komisi Hukum ini juga mengapresiasi Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra, yang telah menerima delegasi PHDI untuk berdiskusi.

‘’Kami akan memberikan atensi yang sebaik-baiknya terhadap pengaduan masyarakat dan umat Hindu di Bali, terkait video yang viral dalam ucapan Desak Dharmawati. Bila memungkinkan langsung dibuat LP,’’ ujar Putu merespon laporan PHDI Bali.

Sebelumnya dikabarkan, Video ceramah Desak Made Dharmawati di berbagai platform media sosial menceritakan pengalamannya saat menganut agama Hindu, beberapa tahun lalu. Diketahui seorang dosen perguruan tinggi swasta di Jakarta ini menyampaikan permintaan maaf kepada umat Hindu atas dugaan pelecehan agama yang disampaikan lewat ceramah.

“Setelah memperhatikan masukan, saran dan kritik dari berbagai pihak, maka dengan penuh kesadaran dan kerendahan hati saya mengakui dan menyadari bahwa pernyataan saya telah melukai masyarakat atau umat Hindu dan pemuka Hindu serta kehidupan umat beragama yang harmoni di dalam masyarakat kita. Oleh karena itu, dengan kerendahan hati saya menyampaikan permohonan maaf kepada segenap masyarakat atau umat Hindu dan pemuka agama Hindu serta segenap masyarakat Indonesia,” ujar Desak melalui siaran pers di Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Klarifikasi dan pernyataan maaf Desak Made Dharmawati disampaikan dalam pertemuan khusus di kompleks Pura Mustika Dharma, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu malam, yang disaksikan Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) Tri Handoko Seto, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wisnu Bawa Tenaya, Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro, serta perwakilan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). (SP)

Related posts

Polres Bengkulu Utara Tingkatkan Patroli Cegah Gangguan Kamtibmas di Bulan Ramadhan

Sandi

Viral! Ribuan Pelamar Kerja Serbu Taman Safari Indonesia

Ester Minar

Viral, Bocah SD Tendang dan Menghina Neneknya

Ester Minar

Leave a Comment