suryapagi.com
EKONOMINEWS

Rencana Menteri BUMN Beli Peternakan Sapi di Belgia, Abdul Wachid: Sama Saja Bohong

SPcom JAKARTA – Anggota DPR RI, Abdul Wachid mengatakan bahwa rencana Menteri BUMN, Erick Thohir membeli peternakan di Belgia sebagai cermin ketidakmampuan memitigasi persoalan peternakan dan memetakan potensi peternakan di dalam negeri.

“Sebuah kebijakan yang salah jika membeli peternakan disana (Belgia), ini soal salah kelola, tapi kenapa solusinya beli dari luar. Seharusnya Menteri BUMN melakukan kerjasama dengan Kementerian Pertanian dalam hal ini Dirjen Peternakan dan Perkebunan dalam negeri,” kata Abdul Wachid, Selasa (20/04/2021).

Abdul juga menegaskan, bentuk kerja sama seharusnya dalam bentuk mengadakan import sapi betina indukan saja dari Belgia, Australia lalu di kembangkan di BUMN Sawit yang ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur yang sampai sekarang mempunyai ladang rumput begitu luas.

“Saya yakin Menteri BUMN bisa tugaskan BUMN Sawit atau lahan sawit milik BUMN maupun swasta wajib kembangkan ternak sapi untuk menuju swasembada daging, mestinya ini yang dilakukan,” Imbuh Abdul.

Menurutnya tempat-tempat tersebut, bisa di buat peternakan model di Australia dan Belgia secara liar dengan di komando satu Koboi.
Hal itu jauh lebih murah dan efisien, sekarang juga sudah ada pihak swasta yang melakukan bahkan di NTT peternakan model tersebut dengan mencontoh konsep peternak asing sudah dilakukan.

“Jadi tidak beli peternakan di Belgia lalu di kelola di sana, ya sama saja bohong. Pasti lebih mahal,” imbuh Abdul.

Adapun terkait problem ketergantungan impor daging sapi selama ini, justru menurutnya, hal yang harus dilakukan adalah memutus mata rantai pihak-pihak yang hanya mencari keuntungan semata.

“Setahu saya kalau mau import daging hewan yang paling murah dari India (daging Kerbau) aku pernah kunjungan ke India (Perusahaan ALANA ) namun ini jadi ancaman Australia dan jadi mainan politik untuk Australia. Daging Kerbau di India hanya 3,5 US$. sampai kita sekitar Rp60 ribu. Kuncinya tinggal Pemerintah kalau mau swasembada daging sebenarnya bisa,” pungkas Abdul. (SP)

Related posts

Ketua Umum Partai Pandai Polisikan Denise Chariesta

Ester Minar

Asisten Rumah Tangga Tiba-tiba Dibekap Oleh Pria Tak Dikenal

Ester Minar

Mobil Bawaslu Dibobol Maling, Dua Pria Ditangkap

Ester Minar

Leave a Comment