suryapagi.com
HEADLINENEWSTNI

Kapal Selam TNI, KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam, Terdeteksi di Kedalaman 700 Meter

SPcom JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI, Yudo Margono menyatakan Kapal Selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) di perairan Bali, terdeteksi berada di kedalaman 700 hingga 800 meter di bawah permukaan laut.

“Kedalaman yang kita deteksi ada pada kedalaman 800 meter,” kata Yudo, Sabtu (24/4/2021).

Yudo menyatakan TNI yang dibantu oleh sejumlah pihak seperti Polri, Basarnas, serta beberapa pasukan dari negara lain akan terus mengupayakan evakuasi.

Yudo Margono mengatakan, saat ini pihaknya menaikkan status KRI Nanggala-402 daru submiss (hilang) menjadi subsunk (tenggelam).

Dengan peningkatan status itu, TNI akan menyiapkan evakuasi medis, sehingga bisa langsung mengevakuasi awak kapal yang ditemukan.

Peningkatan status menjadi subsunk ini diambil setelah mereka menemukan beberapa bukti otentik serpihan barang KRI Nanggala, salah satunya, berbentuk tabung torpedo, tabung air minum, hingga alat salat.

Barang ditemukan di sekitar radius 10 kilometer dari titik pencarian, sementara tidak ada kapal lain melintas di daerah situ. Penemuan beberapa barang tersebut, menurut Yudo, juga mengindikasikan kapal mengalami retakan.

“Dengan demikian dengan adanya bukti otentik diyakini milik Nanggala itu, sehingga saat ini kami isyaratkan untuk menaikkan status dari submiss menuju fase subsunk, ” ujar Yudo. (SP)

Related posts

Kapal Crane Disiapkan Untuk Mengangkat Potongan Besar Sriwijaya Air SJ182

Sandi

Gunakan Helikopter, Kapolri dan Panglima TNI Pantau Kesiapan Mudik di Pelabuhan Gilimanuk

Rasid

Seorang Siswi Buang Bayi yang Baru Dilahirkannya di Jalan

Ester Minar

Leave a Comment