suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Satgas TNI Gagalkan Penyelundupan 1,7 Kg Sabu-Sabu di Pontianak

SPcom PONTIANAK – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Batalyon Infanteri 642/Kapuas berhasil menggagalkan penyelundupan 1,7 kilogram narkoba jenis sabu-sabu di kawasan Desa Kenaman, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

“Dalam kasus ini, kami berhasil mengamankan satu orang WNI berinisial S (33) warga Pontianak yang kedapatan akan menyelundupkan sabu-sabu ke wilayah Indonesia,” kata Komandan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps, Letkol Inf Alim Mustofa dalam keterangan tertulisnya di Entikong, Rabu (5/5/2021).

Alim mengatakan terungkapnya kasus ini merupakan hasil pengembangan dari informasi yang diperoleh Tim Gabungan Satgas Pamtas Yonif 642/Kps dan stakeholder lainnya.

“Untuk penyelidikan lebih lanjut, kasus ini kami limpahkan kepada pihak Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar,” ujar Alim.

Alim menjelaskan keberhasilan itu berkat kerja sama pihaknya dengan Posda Sanggau Binda Kalbar, Tim 3 Satgas Kapuas BAIS TNI, Unit Intel Kodim 1204/Sgu, BNN Kabupaten Sanggau, Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalbar dan Subsie Intelijen Cabjari Entikong.

“Keberhasilan ini berkat adanya kerja sama dengan instansi terkait lainnya dalam mencegah masuknya narkoba di Kalbar,” ujar Alim.

Menurut dia, keberhasilan kali ini juga telah sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad selaku Pangkoopsdam XII/Tpr dan Danrem 121/Abw selaku Dankolakopsrem 121/Abw untuk lebih memperketat pengawasan di jalur perbatasan menjelang Lebaran.

Kemudian penjabaran dari penekanan Pangkoops serta Dankolakops tersebut, diimplementasikan dengan pelaksanaan pengumpulan Informasi dari Satgas Intel yang berada di wilayah perbatasan. Berikutnya, analisis lebih lanjut yang dilakukan serta didukung dengan kerja keras dari tim gabungan.

“Saya mewakili Pangkoops serta Dankolakops mengucapkan terima kasih kepada seluruh Prajurit Satgas Pamtas Yonif 642 Kapuas beserta tim gabungan yang memiliki integritas serta dedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas di perbatasan ini,” kata Alim.

Dia menegaskan sinergitas antara Satgas Pamtas dengan Satgas Intelijen, Satgas Teritorial, BNN Provinsi Kalbar, Polda Kalbar dan seluruh stakeholder yang berada di perbatasan, makin erat terjalin untuk bersama-sama menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia dari segala bentuk kegiatan ilegal khususnya narkoba.

“Kami selain bertugas menjaga kedaulatan, juga melindungi Indonesia dari masuknya barang-barang berbahaya dan terlarang seperti narkotika dan barang ilegal lainnya,” ujar Alim. (SP)

Related posts

KPU Bengkulu Utara Siapkan Tahapan Pemilihan Bupati 2024

Sandi

Keji! Kakek Paksa Bocah Laki-laki Berkebutuhan Khusus untuk Berhubungan Badan

Ester Minar

Geger, Puluhan Kambing Tewas Hanyut di Sungai

Ester Minar

Leave a Comment