suryapagi.com
NASIONALNEWSREGIONAL

Keluarkan Lava Pijar, Gunung Merapi Alami 39 Kali Gempa Guguran

SPcom KLATEN – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan, Gunung Merapi mengalami 39 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Senin (10/5/2021) pukul 00.00-06.00 WIB di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida mengatakan gempa guguran itu memiliki amplitudo 3 sampai 17 mm selama 12-65 detik. Selain gempa guguran, Gunung Merapi juga tercatat mengalami satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 3 mm selama 62 detik.

Berdasarkan pengamatan visual, gunung merapi juga empat kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak maksimal 700 meter ke arah barat daya.

“Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 100 meter di atas puncak kawah,” kata Hanik.

Saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga.
Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Saat terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi diperkirakan dapat menjangkau daerah dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. (SP)

Related posts

Merokok Saat Bawa Motor, Pelajar Ditangkap

Ester Minar

Dinas Dukcapil Bengkulu Utara Jalin Kerjasama Antar SKPD Bangun VPN Data Kependudukan

Sandi

Habib Hasan Bin Jafar Assegaf Tutup Usia

Sandi

Leave a Comment