suryapagi.com
HEADLINENEWSREGIONAL

Mengaku Sebagai Keluarga Mantan Kapolri, Seorang Pria Menipu Kades Hingga Rp 4,7 M

SPcom JEMBER – Seorang pria diduga menipu M. Soleh, yakni Kepala Desa (Kades) Lojejer, Kecamatan Wuluhan, dengan mengaku sebagai keluarga mantan Kapolri Jenderal Pol Purnawirawan Badrodin Haiti, dan menipu hingga Rp 4,7 Miliar. Lantaran hal tersebut pria yang diketahui bernama Fitroni Ramadhani alias Dani (39) dan akrab disapa Gus Dani dibekuk Polres Jember.

“Tersangka Gus Dani ini mengaku sebagai family dari mantan Kapolri Jenderal Polisi Purnawirawan Badrodin Haiti. Namun setelah ditelusuri, ternyata keluarga bapak Badrodin Haiti menegaskan tidak ada hubungan keluarga dengan tersangka Gus Dani ini,” terang Wakapolres Jember, Kompol Kadek Ary Mahardika, Kamis (27/5/2021).

Modus penipuan Gus Dani dengan cara menjanjikan korban bisa menjadi Komisaris di pabrik semen PT Imasco, Puger, Jember. Tak hanya itu, tersangka juga mengiming-imingi anak korban bisa masuk Akpol. Untuk memuluskan aksinya, tersangka juga mengajak satu temannya yakni Ahmad Riyadi Setyoaji Prabowo (52) warga Desa/Kecamatan Kencong.

“Tersangka Gus Dani ini menyuruh rekannya AR (Ahmad Riyadi) untuk berperan sebagai mantan Kapolri bapak Badrodin Haiti,” jelas Kadek.

Korban yang percaya dengan omongan tersangka, akhirnya menyerahkan uang sebanyak Rp 4,7 Miliar. Uang itu sebagian diserahkan secara tunai, transfer sebanyak 7 kali dan transfer melalui m-banking 5 kali.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 378 jo pasal 372 jo pasal 55 jo pasal 56 ayat 1 ke 1 KUHP, tentang penipuan dan penggelapan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (SP)

Related posts

Pelaku Pembakar Gadis Di Tangsel Terinspirasi Dari Film

Sandi

TPS Tiba-tiba Ambruk, Perhitungan Suara Pindah ke Rumah Warga

Ester Minar

Alami Kekerasan Seksual, Wanita Muda Ditemukan Tewas di Kamar Kos

Ester Minar

Leave a Comment