suryapagi.com
HEADLINENEWSREGIONAL

Gempa M 6,1 Guncang Maluku Tengah, 7.227 Warga Mengungsi di Hutan

SPcom MALUKU TENGAH – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo 6,1 melanda Maluku Tengah, pada Rabu (16/6/2021) sekitar pukul 11.43 WIB. Akibat gempa tersebut, masyarakat empat desa di kecamatan Tehoru masih bertahan di tenda pengungsian di hutan.

Kini, Kamis pagi, 17 Juni 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah mendata ada 7.227 warga empat desa di kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah yang mengungsi di hutan.

“Data sementara jumlah kerusakan rumah, Yaputih 15 unit, Saunolu 70 unit, Tehoru 40 unit dan Desa Haya 18 unit jadi jumlahnya ada 143 bangunan rumah dan juga fasilitas pemerintah,” kata Kepala BPBD Maluku Tengah, Latief.

Selain bangunan rumah yang rusak, tanggul laut penahan ombak di Tehoru juga ikut retak akibat gempa tektonik itu. Gempa juga merusak pagar gereja dan tembok masjid   di Desa Saunolu.

BPBD masih terus melakukan peninjauan ke sejumlah desa dan dusun yang ada di kecamatan Teluti untuk memastikan dampak gempa.

BPBD setempat juga meninjau masyarakat yang sementara ini mengungsi di kamp-kamp pengungsian yang berada di hutan maupun lokasi dataran tinggi.

Latief memastikan BPBD Maluku Tengah telah menyalurkan bantuan berupa tenda, selimut dan tikar.

BPBD masih terus memonitor situasi terkini pasca gempa Magnitudo (M) 6,1 yang terjadi di Kecamatan Tehoru Maluku Tengah.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga menghadapi bahaya gempa bumi maupun potensi tsunami, tetap pantau informasi yang dapat dipercaya dan tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (SP)

Related posts

Viral Petugas PPSU Lakukan Penganiayaan Sadis, Tendang-Lindas Pacar

Ester Minar

Seorang Nenek Jadikan Cucu Sebagai Jaminan Hutang

Ester Minar

Geger! Wanita Ditemukan Tewas di Lift Bandara, Keluarga Minta Tanggung Jawab

Ester Minar

Leave a Comment