suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Tiga Pelaku Pencurian Tiang Telepon di Jalan Raya Ditangkap Polisi

SPcom PALEMBANG – Dedek Satria Pranata (26), Sudarsana (37), dan Susanto (41), ditangkap polisi lantaran diduga menjadi sindikat pencurian tiang telepon-internet di ruas jalan lintas Sumatera, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Christoper Panjaitan mengatakan pihaknya baru menangkap tiga dari enam orang pelaku, sedangkan yang masih jadi buron adalah DA, KD, dan OS.

“Kawanan tersangka ini merupakan komplotan pencurian tiang telepon-internet. Modusnya dengan mengaku sebagai pegawai PU dan menggunakan rompi safety dalam melancarkan aksinya,” kata Christoper, Selasa (29/6/2021).

Mereka beraksi di sepanjang Jalan Lintas Sumatera, Palembang, tepatnya di kawasan Talang Kelapa hingga ke kawasan Macan Lindungan. Korbannya tidak sedikit. Selain negara, ada juga pihak swasta yang dirugikan.

Polisi menduga para pelaku mengelabui warga yang melintas dengan mengaku kegiatan tersebut merupakan proyek dari Dinas PU, yakni pengurangan tiang di ruas jalan tersebut. Para pelaku mencuri tiang pada Sabtu (26/6/2021) sekitar pukul 15.00 WIB.

“Mereka mengenakan rompi, menunjukkan dokumen, serta mengatakan kepada warga yang bertanya bahwa pencurian yang mereka lakukan itu merupakan proyek resmi dari Dinas PU,” terang Christoper.

Setelah melakukan aksinya, para pelaku membawa barang tersebut ke tempat pengepul barang rongsokan di Kalidoni, Palembang. Mereka berencana menjual tiang curian itu dan hasilnya akan dibagi rata.

“Sebelum mendapat hasil penjualan dari tiang curian, Unit 1 Jatanras yang mendapat laporan dari korban langsung menangkap tiga tersangka ini berikut barang bukti 10 tiang curian dan mobil pikap yang digunakan serta beberapa alat yang digunakan tersangka untuk mencabut-mencuri tiang tersebut di TKP,” ucapnya.

Kini ketiga pelaku dan sejumlah barang bukti ditahan. Disangkakan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dan ketiga pelaku yang lain masih diburu. (SP)

Related posts

Sering Pergi Tanpa Ijin, Suami Tega Bunuh Istri

Ester Minar

Masyarakat Desa Tanjung Menang Patok Lahan Yang Dikuasai PT. BTLA

Sandi

Viral! Siswa Dibully di Toilet Sekolah, Polisi Turun Tangan

Ester Minar

Leave a Comment