suryapagi.com
HEADLINEKESEHATANMETRONEWS

Kemenkes Gandeng 11 Platform Telemedicine, Permudah Konsul Daring untuk Isoman

SPcom JAKARTA–Menggandeng 11 platform telemedicine, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan mengenai penyediaan layanan yang bisa diakses secara daring ini.

Kemenkes memastikan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 bergejala maupun tidak bergejala yang melakukan isolasi mandiri tetap memperoleh layanan kesehatan.

Layanan Kesehatan ini berupa telemedicine yang merupakan konsultasi kesehatan secara virtual dan bisa diakses kapan pun, di mana pun oleh pasien. Untuk tahap awal, fasilitas ini hanya berlaku untuk area Jakarta.

Dengan adanya layanan telemedicine ini, pasien positif COVID-19 yang sedang isolasi mandiri serta membutuhkan konsultasi akan dipermudah untuk konsultasi dengan dokter dan mengurangi risiko penularan.

“Maka kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Menkes, Senin, (5/7/2021).

Adapun 11 platform telemedicine antara lain:

  1. Alodokter
  2. GetWell
  3. Good Doctor
  4. Halodoc
  5. KlikDokter
  6. KlinikGo
  7. Link Sehat
  8. Milvik Dokter
  9. ProSehat
  10. SehatQ
  11. YesDok

Dokter bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien.

Melalui layanan ini, rumah sakit bisa melakukan screening awal untuk pasien dengan gejala sedang/berat termasuk pemberian paket obat melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kemenkes.

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk pasien tanpa gejala maupun pasien dengan gejala.

Platform telemedicine juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia.

“Jadi di sini saya mengucapkan terima kasih kepada 11 platform telemedicine yaitu Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan juga dari Kementerian Kesehatan,” tutur Menkes.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat melalui peluncuran layanan telemedicine ini untuk melakukan pemeriksaan antigen hanya di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes.

“Kami sangat mengapresiasi segala bentuk dukungan dari berbagai pihak terutama dukungan dari penyedia Telemedicine. Semua mereka gratis membantu. Jadi pada platform ini saya ucapkan terima kasih karena Anda terpanggil,” ucap Luhut. (SP)

Related posts

Viral, Mobil Ambulans Logo Partai Gerindra Angkut Jeriken Isi Solar

Ester Minar

Nekat Edarkan Uang Mainan, Kakek Ditangkap

Ester Minar

KPK Usut Kasus Korupsi Pembangunan Kantor DPRD

Ester Minar

Leave a Comment