suryapagi.com
MALANG RAYAREGIONAL

11 Warga Masih Hilang Dalam Banjir Bandang di Kota Batu

SPcom KOTA BATU – Banjir bandang menerjang Malang Raya, Jawa Timur, setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis (4/11/2021), pada pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, kejadian banjir bandang tersebut menyebabkan 15 orang hanyut terseret aliran sungai yang meluap.

“Empat (orang) sudah ketemu, Alhamdulillah selamat semua. Tinggal 11 orang yang belum ketemu,” jelas Kasie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, melalui sambungan telepon.

Berdasarkan pengamatan BPBD Kota Batu, arus anak Sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, terpantau mengalir sangat deras. Air membawa beberapa material lumpur, batu dan potongan pohon serta puing bangunan.

Banjir bandang tersebut menurut laporan sementara telah berdampak di 5 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Yaitu Desa Sumber Brantas, Desa Bulukerto, Desa Tulungrejo, Desa Padangrejo dan Desa Sidomulyo.

“Yang terdampak ini 5 desa yang dialiri anak sungai Brantas,” ucap Rochim.

Data kerugian materil dari catatan sementara BPBD Kota Batu meliputi empat kendaraan hanyut dan satu unit rumah terendam. Data kerugian yang lain masih dalam proses asesmen di lapangan.

Guna percepatan penanganan banjir bandang tersebut, Tim BPBD Kota Batu bersama lintas instansi terkait.

Tim juga fokus untuk pencarian para korban dan evakuasi atau penyelamatan warga yang terdampak banjir. Serta pembersihan sarana dan prasarana yang terdampak banjir bandang.

“Operasi penanganan darurat sudah berjalan. Tapi memang untuk malam ini fokus untuk pencarian pertolongan sama pembersihan dan pemulihan sarana prasarana vital jalan-jalan yang tertutup lumpur,” tegas Rochim. (Putut)

Related posts

Wanita Tewas Saat Lomba Balap Karung

Ester Minar

Merasa Diancam, Anggota DPRD Kota Malang Polisikan Aktivis Kemanusiaan

Sandi

Melerai Perang Sarung, Pelajar Tewas

Ester Minar

Leave a Comment