suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Kabel PLN Dicuri, Listrik Padam Seharian

SPcom PANDEGLANG – Kabel grounding (tembaga untuk antipetir) di gardu listrik milik PLN yang ditanam di tanah diduga telah dicuri oleh orang tak dikenal. Akibatnya aliran listrik rumah warga di dua desa di Pandeglang, Banten, padam seharian.

Dua desa yang mengalami dampak pemadaman listrik itu berada di Desa Teluk dan Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Pandeglang. Listrik padam sejak pukul 03.00 WIB dini hari.

“Ya betul. Setelah kami mengecek lokasi sesuai dengan laporan dari masyarakat, ada kabel yang terputus dan itu diduga telah dicuri oleh seseorang,” kata Kapolsek, Kompol Hasan Khan, Senin (22/11/2021).

Hasan menerangkan polisi menemukan sisa kabel yang telah dipotong oleh si pelaku. Diperkirakan, kabel berjenis tembaga yang dipotong tersebut memiliki panjang sekira delapan meter dengan berat 15 kilogram.

“Kabel yang dicuri posisinya tegak lurus ke atas dari Gardu PLN sampai ke Travomator. Kerugiannya ditaksir mencapai Rp 4 juta,” terangnya.

Selain berimbas kepada pemadaman rumah di dua desa, insiden itu juga mengakibatkan aktivitas sekolah SMP di wilayah tersebut menjadi terhambat.

Bahkan, pelaksanaan ANBK (Asasment Nasional Berbasis Komputer) di sekolah tersebut harus ditunda lantaran terdampak pemadaman listrik.

“Karena seharian padam, pelaksanaan kegiatan di sekolah itu tidak dapat dilaksanakan. Karena memang gardunya harus dimatikan dulu selama perbaikan,” tuturnya.

Kerusakan tersebut baru bisa diatasi oleh teknisi PLN sekira pukul 18.00 WIB. Listrik pun baru bisa menyala setelah PLN mengganti kabel yang diduga sudah dicuri orang tak dikenal tersebut.

“Listriknya tadi magrib sudah nyala lagi. Sementara ini, kami memasang police line di TKP sampai ada penggantian travomator oleh pihak terkait. Kasusnya sekarang sedang didalami,” pungkasnya. (SP)

Related posts

Viral, Barang-barang Minimarket Hanyut Diterjang Banjir

Ester Minar

Geger! Pria Penuh Luka Tusuk Tewas Tergeletak di Tengah Jalan, Polisi Selidiki

Ester Minar

Pasutri Tewas Dibunuh di Serpong, Polisi Gerebek Rumah di Pondok Aren

Sandi

Leave a Comment