suryapagi.com
EKBISEKONOMIHEADLINE

Anies Ajukan Revisi UMP 2022 DKI Jakarta Lebih Tinggi

SPcom JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menemui ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSMPI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), yang melakukan unjuk rasa terkait Upah Minimum Provinsi (UMP) 2022, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (29/11/2021).

“Saya ingin mengulang pesan, bahwa kita di Indonesia ini memiliki begitu banyak masalah dan tantangan. Tetapi kita punya orang-orang yang peduli untuk menyelesaikan masalah. Buruh ada jutaan, dan teman-teman memilih hadir untuk memperjuangkan nasib buruh,” ujarnya.

Anies pun mengaku telah mengirimkan surat kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI terkait hal tersebut. Intinya untuk bisa menaikkan UMP DKI Jakarta lebih besar dari yang diputuskan oleh Kemenaker.

“Kami melihat PP 36 yang formulanya diberikan untuk seluruh Indonesia. Kami semua terima formulanya, kami semua terima angkanya. Bila diterapkan di Jakarta, maka buruh hanya mengalamai kenaikan sebesar Rp 38 ribu. Kami melihat angka ini amat kecil dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Anies berpendapat, seharusnya UMP 2022 di DKI Jakarta bisa lebih besar lagi kenaikkannya. Sehingga buruh bisa merasakan kesejahteraan yang lebih baik.

“Karena itu kita mengirimkan surat sesuai prosedur bahwa formulanya harus memberikan rasa keadilan. Kita sedang fase pembahasan. Kita berkeinginan agar di Jakarta baik buruh dan pengusuha merasakan keadilan,” tandas didampingi Kadisnakertrans DKI, Andri Yansyah.

Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang diturunkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, kenaikkan UMP 2022 sebesar 1,09 persen. Untuk DKI Jakarta sendiri, jika kenaikkannya demikian akan menjadi Rp 4.452.724, naik dari sebelumnya Rp 4.416.186,548.(Kor)

Related posts

Hanya Karena Satu Batang Rokok, Pemuda Bacok Ayahnya

Ester Minar

Menkominfo Johnny G Plate Resmi Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi

Ester Minar

Tok! Irjen Teddy Minahasa Divonis Penjara Seumur Hidup

Ester Minar

Leave a Comment