suryapagi.com
EKBISEKONOMINASIONALNEWS

Ini Ruas Tol Yang Gunakan Sistem Ganjil Genap Saat Nataru

SPcom JAKARTA – Selain akan melaksanakan PPKM Level 3 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah juga menerapkan sistem ganjil genap di beberapa ruas tol. Hal ini untuk membatasi pergerakan masyarakat dimomen tersebut, guna mencegah peningkatan kasus Covid-19.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya memperkirakan, dengan sistem ini angka mobilitas masyarakat bisa ditekan hingga 30 persen. Ruas tol yang akan diberlakukan sistem ganjil genap yaitu, ruas tol Tangerang-Merak, Bogor-Ciawi-Cigombong, Cikampek-Padalarang-Kanci, Tol Cikampek dan Tol Padalarang.

Rencananya sistem ganjil genap akan mulai diberlakukan pada 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Ini lebih cepat empat hari dari jadwal penerapan PPKM Level 3 yang dimulai pada 24 Desember 2021.

Kemenhub juga mengusulkan agar rekayasan lalu lintas ganjil genap bisa diterapkan untuk wilayah aglomerasi, jalan ibu kota provinsi, dan area wisata.

“Pembatasan perjalanan darat dilakukan terhadap kendaraan perseorangan angkutan umum, dan angkutan penyeberangan. Pembatasan operasi angkutan umum dilakukan dengan jumlah kendaraan yang beroperasi hanya 50 persen, terutama bus pariwisata dengan kapasitas 70 persen dari jumlah tempat duduk yang disediakan,” tandas Budi.(SP)

Related posts

Heboh! Pegawai Pertamina Dipecat Lantaran Ludahi Orang di Jalan

Ester Minar

Diduga Tertekan, Lima Calon Tenaga Kerja Wanita Kabur dan Terjatuh dari Lantai 4

Ester Minar

Gudang Penyimpanan Tiner Terbakar Hebat

Ester Minar

Leave a Comment