suryapagi.com
MALANG RAYA

572 Personel Gabungan Amankan Nataru di Kota Batu

SPcom KOTA BATU – Sebanyak 572 personel gabungan disiagakan Kota Batu, Jawa Timur, untuk mengawal jalannya perayaan Natal dan pergantian tahun.

Kapolres Batu, AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengatakan, pihaknya bersama Forkopimko mendirikan tujuh pos pengamanan.

“Ini merupakan sinergi Polri dengan instansi tekait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada pelayanan Natal 2021 dan tahun baru 2022 mendatang,” ujarnya, usai gelar pasukan di Alun-alun Kota Batu, Kamis (23/12/2021) sore.

Fokus utama dalam Operasi Lilin Semeru tersebut, adalah pencegahan penularan Covid-19. Selain itu, juga mencegah kriminalitas saat perayaan Nataru.

”Alhamdulillah, saat ini (PPKM) level 1, dimana vaksinasi dosis pertama sampai saat ini tercatat 97 persen. Kemudian untuk dosis kedua 86 persen dan untuk Vaksinasi Lansia tercatat 65 persen,” urainya.

Terkait dengan adanya pos, dijelaskan Yogi, bahwa pihaknya memantau wisatawan yang masuk wilayah Kota Batu mulai yang masuk area tempat wisata serta yang menginap di sejumlah hotel.

“Kami mengantisipasi pergerakan masyarakat dari luar daerah yang masuk ke Kota Batu, khususnya ke destinasi wisata serta penginapan atau hotel yang ada di Kota Batu,” ujarnya.

Lokasi pos pengamanan ada di Alun-alun, Jalan Soekarno Hatta, wilayah Baloga, Kasembong, Ngantang, Tulungrejo dan Pujon.

Pos tersebut akan melakukan pemeriksaan daya tampung kendaraan yang hanya bisa 75 persen, serta rapid test Covid-19.

“Apabila ditemukan nanti masyarakat yang hasil rapid nya reaktif, kami akan bawa masyarakat tersebut untuk melaksanakan tes PCR di ruang Isoter YPPI Batu,” tegasnya.

Sementara khusus pada malam tahun baru, Alun-alun Kota Batu akan ditutup sementara. Rekayasa lalulintas juga diberlakukan di jalan sekitarnya.(Putut)

Related posts

Korban Banjir Kota Batu Bakal Direlokasi

Sandi

Walkot Batu Minta Pengolahan Sampah Dimaksimalkan

Sandi

DMI-BKMM Kota Batu Dilantik Saat Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H

Sandi

Leave a Comment