suryapagi.com
RAGAMSELEBRITAS

Ini Kata MUI, Soal Dorce Ingin Dimakamkan Sebagai Perempuan

SPcom JAKARTA — Dorce Gamalama kondisi kesehatannya memang tak sebaik dulu. Beberapa kali dia bahkan drop dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Belum lama dalam channel YouTube Denny Sumargo, Dorce Gamalama, bicara soal wasiat dan keinginannya kelak ajal sudah menjemput dirinya.

Bahkan Dorce sudah menyiapkan kain kafan dan kuburan. Dia bahkan berpesan soal keinginannya dimakamkan sebagai perempuan.

Menanggapi keinginan Dorce tersebut, Ketua MUI Cholil Nafis ikut bicara. Cholil Nafis memberikan penjelasan seperti yang sudah dia cuitkan di laman Twitternya kepada detikcom.

“Jenazah transgender itu diurus sebagaimana jenis kelamin awal dan asalnya ya,” kata Cholil Nafis, Senin (31/1), seperti dilansir detikhot.

Choli Nafis menegaskan operasi dan mengubah jenis kelamin tidak diakui oleh Islam. Jadi, jenis kelamin transgender sesudah operasi tak diakui.

“Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama. Laki-laki yang pindah (jadi) perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang berubah menjadi laki-laki itu mutarajjil,” tegasnya.

Sebelumnya, pendakwah kondang Gus Miftah juga menanggapi pesan Dorce Gamalama saat meninmggal dunia nanti.

“Saya dengar ada beberapa wasiat dari beliau. Salah satu yang saya dengar itu enggak usah ada upacara doa tahlil 40 hari. Terus kemudian yang kedua soal dia minta untuk dimakamkan secara perempuan,” ucap Gus Miftah.

Mengutip ayat dalam Al-Qur’an, Gus Miftah menjelaskan tentang keberadaan dan status transgender dalam Islam.

“Jadi yang pertama, dalam Surat Al-Hujurat itu, Allah menciptakan kelamin itu cuma ada dua laki-laki dan perempuan, kemudian dalam Fiqih itu ada jenis kelamin yang ketiga namanya, Khunsa,” tuturnya.

Gus Miftah menjelaskan Khunsa ini digunakan untuk orang-orang yang mempunyai jenis kelamin ganda, yaitu laki-laki dan perempuan. Sementara itu, Dorce Gamalama diketahui mengubah jenis kelaminnya atas kemauan sendiri, awalnya laki-laki menjadi perempuan bukan karena medis.

“Sepengetahuan saya tahu beliau terlahir sebagai laki-laki kemudian dioperasi transgender menjadi perempuan, bagaimana kalau kondisi seperti ini,” tutur Gus Miftah.

Menurut Fiqih, Gus Miftah mengatakan pemakanan Dorce Gamalama seharusnya dilakukan sesuai dengan kodrat asal dahulu dilahirkan. (SP)

Related posts

Rieta Amilia Acuhkan Sidang, Pengacara: Om Gideon Maklum Kok

Ester Minar

Chicco Jerikho Positif Covid-19

Resiana

Sakit Hati, Ferry Irawan Akhirnya Gugat Cerai Venna Melinda

Ester Minar

Leave a Comment