Fraksi PDIP DPRD Kota Batu Minta Normalisasi Sungai Paron

0 27

SPcom KOTA BATU – Fraksi PDIP Kota Batu meminta kepada dinas terkait Pemkot Batu segera lakukan normalisasi Sungai Paron yang berada di Dusun Beru, Kecamatan Bumiaji.

Menurut, Anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Batu, Khamim Tohari, tingginya intensitas hujan seringkali menyebabkan sungai tersebut meluap hingga menggenangi pemukiman warga setempat.

“Sungai itu kalau hujan deras selalu meluap, bukan hanya air tetapi lumpur juga menggenangi rumah warga. Kalau dihitung waktu hanya dua jam saja hujan sudah membahayakan warga,” ujarnya, Kamis (12/5/2022).

Oleh sebab itu, dia minta Pemkot Batu melakukan langkah cepat sebagai upaya untuk mencegah bencana yang terjadi kembali di tahun mendatang.

Untuk wilayah Kecamatan Bumiaji, menurut dia, penyebab bencana banjir lumpur salah satunya bahwa selama ini disebabkan keridakmampuan sungai Paron menampung debit air saat hujan.

“Upaya percepatan normalisasi harus dilakukan. Saya yakin, todak akan ada lagi kasus rumah warga yang tergenang hujan deras turun di Kota Batu,” tandas Sekretaris PAC PDIP Kecamatan Bumiaji ini.

Maka dari itu, Khamim menegaskan, pihaknya berencana untuk melakukan hearing dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hingga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Dengan rapat tersebut kami harapkan akan menemukan solusi untuk jangka panjang. Termasuk rencana normalisasi ini apakah sudah ada anggarannya,” tegas dia.

Namun demikian, berbagai upaya dan langkah yang akan dijalankan Pemkot Batu tidak akan berhasil apabila dari masyarakat sendiri tidak memiliki kesadaran yang cukup, mengenai pentingnya menjaga daerah aliran sungai.

“Seperti tidak membangun di pinggir sungai. Bahkan dari hal terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya. Itu menjadi modal yang besar untuk menyelamatkan wilayah,” pungkasnya.(Putut)

Leave A Reply

Your email address will not be published.