suryapagi.com
HEADLINESPORTS

Atlet Arung Jeram Indonesia Berangkat ke Bosnia Ikuti Kejuaraan Dunia

SPcom JAKARTA – Atlet arung jeram Indonesia telah siap untuk mengikuti IRF World Rafting Championship (WRC), di Sungai Vrbas dan Sungai Tara, Banjaluka-Foca, Bosnia Herzegovina. Kejuaraan arung jeram dunia ini akan berlangsung pada 25 Mei-1 Juni 2022.

Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) mengirimkan tim untuk kategori Masters Women, dan U23 Women. Tim Masters adalah untuk atlit arung jeram berusia 40 tahun ke atas. Terdiri dari pegiat arung jeram dari masa mahasiswa.

Masters Women Indonesia (MWI) sudah terbentuk dan bertanding sejak 2017. Sedangkan tim usia 23 tahun ke bawah dibentuk sejak mereka masih di divisi Youth dan meraih podium juara pada IRF WRC 2019 di Australia. IRF WRC 2019 adalah kejuaraan dunia arung jeram yang terakhir diselenggarakan sebelum pandemi menghentikan lomba arung jeram antar negara anggota IRF.

WRC 2022 adalah untuk kategori R4 atau empat pendayung. Secara bergantian setiap tahun penyelengaraan WRC digilir antara kategori R4 dengan R6 atau enam pendayung.

Tim MWI yang kali ini didukung oleh Bank BTN dan PT TIMAH terdiri dari Amalia Yunita (54), Ammy Kadarhutami (58), Fidelia Nuria (45), Rafika Sustiyani (43) dan Veronica Margaretha Catharina (59). Tim U23 terdiri dari Lista Natasya Peniwati (22), Selawati Solihin (21), Siti Nuranti (20), Wulanda Fetri Febriayana (18) dan Diana Lapanda (20).

Kedua tim ini secara terpisah dikelola oleh manajer, pelatih dan pendukung yang berbeda namun ada kesamaan. Manajer tim U23 adalah Ammy Kadarhutami yang juga atlit di MWI. Manajer untuk MWI adalah Miranda Wiemar (54). Pelatih tim MWI Andi Suherli, pengarung jeram pemandu senior dari sungai Citarik Sukabumi Jawa Barat. Sama juga pelatih U23 Aceng Supendi adalah rekan Andi dari Citarik, Sukabumi, lokasi wisata arung jeram Jawa Barat.

Lomba arung jeram terdiri dari empat disiplin Sprint, Head to Head (H2H), Slalom dan Down River Race (DRR). Sprint adalah mengarungi sepenggal sungai berjeram dengan jarak tempuh maksimal dua menit.

Kegiatan arung jeram di Indonesia berkembang sejak 1975 dan saat ini merupakan kegiatan yang diminati baik untuk sarana wisata, pelatihan maupun kompetisi. FAJI bergabung menjadi anggota KONI pada tahun 2014 dan kegiatan olahraga prestasi arung jeram semakin berkembang.

Pada IRF World Rafting Championship 2015 yang diselenggarakan di Sungai Citarik, Jawa Barat, Indonesia, tim Indonesia mendapatkan 23 medali dari 120 medali yang diperebutkan. Tiga diantaranya adalah medali emas. Prestasi ini merupakan awal dari pencapaian besar bagi tim Indonesia selama ikut serta dalam World Rafting Championship sejak 2003.

Pada kejuaraan World Rafting Championsip 2017 di Jepang, tim Indonesia berhasil meraih 1 emas dan 2 perunggu. Dan pada World Rafting Champs 2019, di Tully River, Australia, Tim Women Indonesia telah mampu mencatat prestasi sebagai juara dunia arung jeram. (SP)

Related posts

Letjen TNI (Purn) Soeyono Soetikno Meninggal Dunia

Ester Minar

Viral, Wanita Culik Bayi Majikan untuk Mengemis

Ester Minar

Pelecehan Seksual di KRL, Komnas Perempuan: Seharusnya KAI Memiliki SOP

Ester Minar

Leave a Comment