suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Kemenag Kecam Keras Pria yang Nikahi Kambing

SPcom GRESIK – Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria menikah dengan seekor kambing betina di Desa Jogodalu, Benjeng, Gresik, Jawa Timur, viral di media sosial. Video tersebut banyak mendapat kecaman di masyarakat.

Meskipun, telah terungkap maksud dan tujuan dibuatnya video pernikahan itu semata-mata untuk mendongkrak popularitas dalam mencari like agar bisa viral di jagat maya. Namun, Kemenag menyebut tetap tidak sepantasnya.

Sekretaris Ditjen (Sesditjen) Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar berpesan agar masyarakat menjaga sakralitas pernikahan. Karena, kata Fuad, sakralitas pernikahan mencakupi hukum dan agama.

“Hormati sakralitas lembaga pernikahan. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang agamis. Maka ketika bicara pernikahan atau perkawinan dalam pikiran bawah sadar tentu yang dimaksud pernikahan menurut hukum agama atau kepercayaan masing-masing, tidak ada selain itu,” ujar Fuad, Jumat (10/6/2022).

Fuad mengatakan pernikahan merupakan salah satu jalan ibadah guna mencari keridhoan tuhan. Sehingga, tidak sah dan tidak etis.

Pasalnya, dalam pernikahan terdapat rambu-rambu yang ditentukan agama demi kemaslahatan manusia itu sendiri.

“Agama adalah roh bagi sebuah perkawinan. Bagi umat Islam, akad nikah sebagai landasan terbentuknya ikatan perkawinan disebut mitsaqan ghalizha (perjanjian suci yang kokoh),” ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pria berna Syaiful Arief (44) yang menikahi seekor kambing tak kuasa menahan tangis di hadapan para kiai dan tokoh masyarakat usai memberikan klarifikasi di gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik, Kamis (9/6/2022).

Bapak satu orang anak yang sehari-hari bekerja menjadi perajin pembuat sound system ini mengaku menyesal dan bertobat memohon maaf kepada seluruh umat islam dan berjanji tidak akan mengulang perbuatanya.

Ungkapan penyesalan dan bertobat juga disampaikan tiga orang lainnya yang ikut terlibat dalam ritual itu yakni Nurhudi Didin Arianto penyedia tempat pelaksanaan pernikahan kambing, Arif Syaifullah pembuat konten menyampaikan dan Krisna petugas yang menikahkan dengan hewan. (SP)

Related posts

UPT Korwil Jember Kanwil Kemenkumham Jatim Deklarasi Pencanangan Menuju WBK/WBBM

Sandi

Seorang Gadis Difabel di Pandeglang Diperkosa Oleh Paman dan Tetangga

Ester Minar

1.100 Personel Gabungan Amankan Malam Pergantian Tahun di Banjarmasin

Sandi

Leave a Comment