suryapagi.com
HEADLINE

Presiden Jokowi Lantik Dua Menteri dan Tiga Wakil Menteri

SPcom JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) baru di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Pelantikan menteri dan wakil menteri tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Dua menteri yakni, Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi, serta Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Selanjutnya, ketiga wakil menteri baru yakni Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Kedua, Afriansyah Ferry Noor diperkenalkan sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker); dan ketiga, John Wempi Watipo diperkenalkan sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri).

Raja Juli Antoni menggantikan Wamen ATR sebelumnya, Surya Tjandra. Dia merupakan Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Afriansyah Ferry juga berasal dari kalangan partai politik. Dia merupakan Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB).

Sementara itu, John Wempi Watipo bukan orang baru di pemerintahan. Dia sebelumnya menjabat sebagai Wamen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara-saudara sebagai menteri negara dan wamen Kabinet Indonesia Maju, bersediakah saudara-saudara diambil sumpah menurut agama masing-masing,” kata Jokowi sebelum melantik.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Kemudian, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang baru dilantik. Diikuti oleh sejumlah menteri dan tokoh yang hadir.

Seluruh ketua umum parpol koalisi hadir dalam pelantikan hari ini, yaitu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Hadir pula Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri hingga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. (SP)

Related posts

Kebakaran Depo Pertamina, Kapolri: Terjadi Saat Penerimaan Jenis Pertamax

Sandi

Jakarta Genting, Anies: Tetap di Rumah Kecuali Mendesak!

Ester Minar

Menparkeraf Nilai Penggabungan Angkasa Pura I dan II Gairahkan Industri Pariwisata

redsp

Leave a Comment