suryapagi.com
MALANG RAYAREGIONAL

JKF 2022 Di Kota Batu Gelar Workshop Literasi Digital Kelompok Masyarakat Umum

SPcom KOTA BATU – Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022 tanggal 25-28 Juli 2022 yang dihelat di Kota Batu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terbukti dengan digelarnya workshop Literasi Digital Kelompok Masyarakat Umum, Komunitas, dan UMKM di Hotel Horison Trunojoyo Kota Batu, Selasa (26/7/2022).

Bahkan, Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI mendukung penuh penyelenggaraan Jatim Kominfo Festival (JKF) 2022.

Melalui tayangan video, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Johnny G Plate menyampaikan bahwa pihaknya secara konsisten menjalankan program literasi digital untuk memaksimalkan potensi positif ruang digital serta meminimalisir dampak negatif dari adanya digitalisasi.

“Ada 4 pilar literasi digital, yaitu cakap digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. Ke depan, kami akan menyasar kelompok strategis seperti perempuan, UMKM, disabilitas, nelayan, petani, dan lain-lain hingga menjangkau pelosok negeri. Mari bersama-sama berpartisipasi untuk Indonesia Terkoneksi. Makin Digital, Makin Maju,” ujarnya.

Kadiskominfo Jatim Hudiyono

Sedangkan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Hudiyono mengungkapkan rasa terimakasihnya atas pernyataan Menkominfo RI tentang pentingnya literasi digital tersebut.

“Literasi Digital ini penting dan sedang dibutuhkan karena kecepatan teknologi informasi dan Komunikasi belum sepenuhnya seimbang dengan kecepatan pembangunan SDM kita,” ungkapnya.

Workshop Literasi Digital ini diyakini Hudiyono mampu menjadi jawaban untuk menjawab tantangan tersebut sekaligus mengakselerasi transformasi digital di Jawa Timur.

“Kita bisa berkumpul di forum strategis ini dengan seluruh elemen di Jawa Timur. Kita bisa berkolaborasi menyampaikan strategi komunikasi dan strategi informasi publik. Tentu ini momentum perkembangan digitalisasi di Jawa Timur,” tandas Hudiyono.

Oleh sebab itu, kepada seluruh peserta yang hadir, Hudiyono berpesan agar masyarakat Jawa Timur bisa semakin bijak dalam menyikapi perkembangan digitalisasi, termasuk terkait media online dan media sosial.

“Kita harus bisa santun dalam menggunakan media ya. Ini PR kita bersama, tidak bisa dikerjakan hanya oleh Diskominfo semata. Semoga yang kita pelajari hari ini bisa membawa keberkahan untuk kita,” pungkasnya.

Sementara, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, plan of action dalam mengakselerasi transformasi digital perlu menjadi perhatian, termasuk bagaimana digitalisasi tetap harus mampu menjaga dan mengawal NKRI.

“Konten-konten inspiratif yang mampu membangun produktivitas, semangat, dan pemikiran yang positif harus terus ditingkatkan. Semoga kita semua bisa menjaga sinergisitas dari seluruh elemen strategis di Jawa Timur,” ujarnya.

Seperti diketahui, gelaran JKF 2022 yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin (25/7/2022) malam. Kegiatan yang berlangsung pada 25-28 Juli 2022 mengangkat tema “Optimis Jatim Bangkit dengan Akselerasi Transformasi Digital.”

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan JKF 2022 ini.

“Ini merupakan satu berkah bagi Kota Batu yang baru beberapa bulan ini kembali ramai dikunjungi wisatawan. Semoga JKF 2022 menjadi semangat bersama seluruh Pemda di Jatim untuk mengakselerasi transformasi digital,” ungkapnya.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur diikuti Diskominfo dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Beberapa topik yang diangkat dalam workshop ini antara lain tentang Diskusi Makin Cakap Digital dengan 4 Pilar Literasi Digital, Kelas Kebal Hoaks-Mengela Kategorisasi dan Tools Sederhana untuk Menangkal Hoaks, Konten Media Sosial Komunitas yang Efektif dan Menarik, Produksi Konten Kreatif dan Kekinian di Media Sosial, dan Kelas Personal Branding di Media Sosial. Workshop tersebut dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok komunitas dan kelompok milenial.

Selain itu, rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam 4 hari tersebut berupa Forum Statistisi, Forum Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Forum Walidata, Workshop Kehumasan, Workshop Literasi Digital, Workshop Jatim Smart Innovation, Workshop Smart Communication Product, Workshop Relawan TIK, dan Sosialisasi Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Ada juga Bimbingan Teknis (Bimtek) Website Kim.id, Rapat Koordinasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!), Pameran Teknologi dari Diskominfo Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota se-Jatim, Bazaar UMKM, serta Pertunjukan Rakyat (Pertura) seni dan budaya lokal Jatim.(Putut/Adv)

Related posts

Peras Kades, Ketua LSM Ditangkap

Ester Minar

KPK Tangkap Bupati Mimika, Eltinus Omaleng

Ester Minar

Pemprov Bengkulu Fasilitasi Siswa SMA/SMK Magang di Jerman

Sandi

Leave a Comment