suryapagi.com
HEADLINE

Upacara HUT ke-77 RI, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Buton Dolomani

SPcom JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di Istana Merdeka Jakarta. Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara .

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju Dolomani dari Buton,” kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, (17/8/2022).

Baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.

Jokowi juga memakai peci bewarna merah. Selain itu, penampilan Jokowi dilengkapi dengan kain di bagian bawahnya.

Rangkaian upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat ini akan dimulai pada pukul 09.40 WIB.

Prosesi upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI ini akan dimulai dengan peniupan terompet pertama dan akan dilanjutkan dengan peniupan terompet terompet kedua empat menit kemudian.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wurry memasuki lokasi upacara pada pukul 09.56 WIB.

Pada pukul 10.00, peringatan detik-detik proklamasi yang ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, beduk di masjid-masjid serta lonceng di gereja-gereja dibunyikan selama 1 menit. Kemudian dilanjutkan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sementara itu, upacara pengibaran bendera merah putih dimulai pada pukul 10.11 WIB. Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) memasuki lapangan upacara.

Acara akan dilanjutkan dengan pertunjukan flypast pesawat tempur dan helikopter TNI AU. Setelah itu, prosesi upacara dilanjutkan dengan persembahan lagu-lagu oleh Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan meninggalkan tempat upacara tepat pukul 11.00 WIB.

Pihak Istana mengatakan ada 2.000 masyarakat yang diundang dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka Jakarta. Sementara itu, ada 3.000 masyarakat yang diundang pada Upacara Penurunan Bendera di sore hari.

Selain itu, pihak Istana juga akan mengundang para menteri, ketua lembaga, dan beberapa petinggi serta perwira tinggi TNI-Polri dalam Upacara HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

Diketahui tema dan logo HUT ke- 77 RI yakni, ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat’. Tema ini mengartikan Indonesia yang sudah melampaui kondisi Covid-19. (SP)

Related posts

Hasil Survei Populi Center Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Sandi

Mengaku Polisi, Penipu Ini Raup Jutaan Rupiah dan Tiduri Perempuan

Sandi

Begini Rincian Hasil Suap Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo

Ester Minar

Leave a Comment