suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Pria Nekat Curi Etalase Makanan Demi Biaya Sekolah, Sosiolog: Yang Salah Pemerintah

SPcom BOGOR – Seorang pria nekat mencuri etalase di salah satu warung makan, lantaran tak punya uang untuk biaya anak sekolah.

Sosiolog Musni Umar mengatakan, kasus seperti ini tidak terlepas dari adanya fenomena kemiskinan di masyarakat.

“Sementara mereka menyadari bahwa pendidikan ini adalah kunci untuk mengubah nasib mereka. Tapi mereka buat menyekolahkan anaknya gak ada uang. Akhirnya mereka melakukan tindakan kriminal. Ini fenomena yang menyedihkan,” kata Musni Rabu (21/9/2022).

Musni mengatakan, seharusnya sang ayah bisa saja datang ke ulama untuk meminta nasihat. Hanya saja sang ayah tidak berani bertemu dengan orang-orang pintar.

“Kalau ulama yang bagus itu dia akan memberikan nasihat, ini ada lembaga-lembaga sosial, misalnya ada Baznas ya itu tidak hanya di Provinsi tapi sampai ke Kabupaten,” jelasnya.

Dalam kasus ini, Musni mengatakan peran baik ketua RT ataupun ketua RW setempat seharusnya juga sangat diperlukan. Tidak harus membantu pelaku, melainkan mencarikan solusi ataupun jalan keluar atas masalah yang dihadapi.

“Nah ini nampaknya tidak terjadi komunikasi antara sang ayah ini dengan lingkungan. Kemudian masyarakat sendiri tidak peduli sesamanya. Masyarakat itu seharusnya bisa memberi solusi kepada yang bersangkutan,” papar Musni.

Musni melanjutkan, seharusnya pelaku tidak dihukum, meski perbuatan yang dia lakukan memang salah. Menurutnya, pelaku nekat berbuat kriminal karena semata-mata kondisi ekonominya yang kurang mumpuni. Terlebih dalam hal membiayai sekolah anak.

“Janganlah dihukum orang seperti itu, karena sekali lagi dia melakukan itu karena dalam keadaan darurat. Semua bersalah, sekali lagi pemerintah bersalah, tokoh agama bersalah, tokoh masyarakat bersalah membiarkan orang orang miskin terpapar dengan kemiskinan mereka,” pungkasnya. (SP)

Related posts

Siswi SD Kelas 1 Diduga Dilecehkan Oleh Guru

Ester Minar

Pria Nekat Jual Sabu Demi Biaya Istri Operasi Kanker

Ester Minar

Bukan Lagi Ormas, Pemerintah Larang Seluruh Aktivitas FPI

Sandi

Leave a Comment