suryapagi.com
METRONEWS

Masa Jabatan Berakhir Pekan Depan, Anies Resmikan Gapura Little India

SPcom JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Gapura Little India yang berlokasi di Pasar Baru, Jakarta Pusat sekaligus berpamitan dengan komunitas warga Jakarta keturunan India, lantaran sisa masa jabatannya sebagai Gubernur akan berakhir pada 16 Oktober 2022 atau pekan depan.

“Ini adalah Senin terakhir saya bertugas di Jakarta. Jadi interaksi kita dalam kapasitas kita sebagai Gubernur DKI berakhir di sini tapi interaksi sebagai pribadi jalan terus di waktu yang akan datang,” ujarnya Senin (10/10/2022).

Pada kesempatan itu, Anies berterima kasih kepada komunitas India yang telah ikut serta dalam kegiatan ekonomi.

“Kita mengetahui, di tempat ini komunitas India banyak berkegiatan ekonomi dan beraktivitas. Ini adalah satu kawasan yang mencerminkan betapa kayanya Jakarta sebagai rumah bagi semua. Di tempat inilah kita rasakan Kota Global sesungguhnya,” ujarnya.

Peresmian Gapura Little India, kata Anies, sebagai penanda babak baru bagi kawasan Pasar Baru.

Sebab, kawasan yang dibangun sekira 1820-an banyak masyarakat yang berasal dari berbagai wilayah hidup dan bermukim, salah satunya warga Jakarta dari keturunan India.

“Berkumpul bukan saja dari seluruh nusantara tapi berbagai belahan dunia, termasuk di sini berkumpul masyarakat keturunan India yang berkegiatan dan menjadi bagian dari kota Jakarta,” ujarnya.

Anies berharap, Gapura Little India menjadi tempat bagi warga Ibu Kota yang ingin mengenal, merasakan nuansa, dan menikmati budaya India. Selain itu, kawasan ini menjadi representasi dari subkultur yang ada di Jakarta.

“Kami berharap dengan adanya Gapura Little India ini, maka tempat ini menjadi representasi dari sebuah subkultur yang ada di Jakarta. Kita berharap, nantinya warga Jakarta yang ingin mendapatkan pengalaman, nuansa India bisa datang ke sini, melihat keunikannya, dan merasakan betapa kayanya kota ini,” katanya.

Oleh karena itu, peresmian Gapura Little India lebih dari sekedar adanya bangunan fisik melainkan menandai adanya perasaan kebersamaan, perasaan keragaman yang ada di Ibu Kota.

“Saya berharap ini nantinya menjadi salah satu tujuan intetaksi warga, anak-anak sekolah, wisatawan, dan bebragai unsur masyarakat datang ke tempat ini untuk mendapatkan pengalaman baru,” kata Anies.

Pengalaman baru yang didapat, ujar Anies, diharapkan bisa menumbuhkan saling pengertian, saling pemahaman, dan memperkuat ikatan persaudaraan.

“Kepada komunitas India di Jakarta, izinkan saya sampaikan terima kasih,” ucapnya. (SP)

Related posts

Pemprov DKI Waspadai Serangan Rob Akhir Pekan Ini

Sandi

Mayat Wanita Tanpa Identitas Ditemukan Membusuk di Sungai

Ester Minar

Heboh! Wanita Muslim Ngamuk Disajikan Pasta Babi, Pihak Restoran Angkat Bicara

Ester Minar

Leave a Comment