suryapagi.com
NEWSREGIONAL

SD Negeri Pocin 1 Digusur, Menko PMK Buka Suara

SPcom DEPOK – SDN Pondok Cina (Pocin) 1 di Beji, Depok, akan digusur dan bekas lahannya akan dibangun masjid raya. Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tersebut menuai penolakan dari wali murid hingga politikus dan sejarawan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy meminta Pemkot Depok tetap menyediakan bangunan sekolah bagi siswa SDN Pocin 1.

“Asal sekolahnya diberi ganti, yang lebih bagus kan bagus juga,” kata Muhadjir, Selasa (6/12/2022).

Muhadjir meminta fasilitas pendidikan bagi siswa SDN Pocin 1 tetap tersedia. Dia berharap pembangunan masjid raya justru malah memperbagus fasilitas pendidikan bagi siswa SDN Pocin 1.

“Tidak harus dipersoalkan apakah itu diganti masjid atau bukan masjid, yang penting fasilitas pendidikan untuk anak-anak tetap tersedia,” ujarnya.

“Syukur-syukur dengan diubahnya fungsi tempat itu untuk masjid itu pelayanan pendidikannya semakin lebih bagus, itu aja,” tambah Muhadjir.

Muhadjir mengatakan masalah tersebut semestinya selesai di tingkat pemerintahan daerah.

“Itu saya kira nggak harus sampai ke Kemenko PMK itu, tingkat daerah selesaikan tingkat daerah,” tutur dia.

Pemkot Depok membatasi kegiatan belajar mengajar di SDN Pocin 1 hingga Jumat (9/12). Siswa SDN Pocin 1 dipaksa angkat kaki pada pekan selanjutnya.

“Kita membatasi proses belajar mengajar maksimal sampai tanggal 9, setelah itu pada tanggal 12 Desember mereka sudah harus pindah ke SDN Pondok Cina 3 dan 5, yang berkenan untuk pindah,” kata Sekda Depok, Supian Suri, Rabu (30/11).

Pada Senin (5/12), ada sekitar 180 siswa yang mengikuti penilaian akhir semester (PAS). Ujian akhir semester (UAS) itu akan digelar hingga Jumat (9/12) nanti. Setelah itu, pada Senin (12/12) siswa diharuskan ‘angkat kaki’ dari SDN Pocin 1 untuk pindah ke sekolah lain.

Rencana relokasi SDN Pocin 1 karena di lahan tersebut akan dibangun masjid ramai dikritik oleh anggota DPRD Kota Depok hingga sejarawan. Meski begitu, Pemkot Depok tetap menjalankan rencana tersebut.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan lokasi masjid raya bisa dipindah jika polemik lahan SDN Pocin 1 belum beres.

Dia juga meluruskan berita yang menyebut rencana pembangunan masjid di lahan SDN Pocin 1 merupakan perintah dirinya selaku Gubernur Jabar.

“Pemerintah Provinsi Jabar kapasitasnya hanya menampung aspirasi daerah. Mau alun-alun silakan, mau pariwisata, gedung kesenian, maupun masjid/rumah ibadah, silakan,” kata RK dalam akun Instagramnya seperti dilihat, Kamis (17/11).

Dia mengatakan Pemkot Depok selama ini melapor ke Pemprov Jabar kalau lahan untuk masjid sudah aman. RK mengaku sempat bertanya mengapa SDN 1 Pocin harus direlokasi.

RK berharap polemik relokasi SDN Pocin 1 bisa segera dituntaskan lewat musyawarah. Dia mengatakan lokasi proyek masjid bisa dipindah atau bahkan batal jika lahan tak jelas. (SP)

Related posts

Polres Batu Perketat Jalur Lalin Pendistribusian Hewan Ternak

Sandi

Sekuriti Perusahaan Dikeroyok Pendemo, Polisi Selidiki

Ester Minar

Ibu dan Anak Dibacok Sekelompok Orang

Ester Minar

Leave a Comment