suryapagi.com
NEWS

Menteri Perdagangan Beberkan Harga Bahan Pokok Jelang Natal-Tahun Baru

SPcom JAKARTA – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya akan memastikan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok/pangan terjangkau serta stabil jelang Natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Zulhas yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mengatakan, data inflasi yang tercatat turun menjadi 5,42 persen dari 5,71 persen menjadi salah satu faktor kestabilan harga bahan pokok di penghujung tahun 2022.

“Artinya barangnya ada harga stabil. Ada yang naik sedikit,” ijar Zulhas dalam keterangnnya kepada awak media, Kamis 8 Desember 2022.

Zulhas menjelaskan akan ada beberapa harga bahan pokok yang naik jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 yang akan datang diantaranya
cabai rawit, telur ayam, serta beras, namun harganya masih terjangkau.

Sementara untuk daging ayam dalam hitungan perekornya kata Zulhas, mengalami penurunan

“Saya pagi tadi sudah dua pasar sama Badan Pangan dua pasar sudah saya datangi. Datanya inflasi turun harga stabil,” ujarnya.

Sementara itu, pihak Satgas Pangan Polri juga mengecek harga serta stok bahan pangan jelang hari raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kasatgas Pangan Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan, berdasarkan Data Satgas Polri tersebut diketahui bahan pokok jelang akhir tahun masih kondisi cukup dan juga dipastikan tetap terkendali.

“Satgas Pangan Polri dalam memastikan ketersediaan pangan dan harga terkendali,” ujarnya.

Sementara guna mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok jelang akhir tahun.

Whisnu katakan Satgas Pangan Polri telah siapkan opsi, salah satunya berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk strategi alternatif ketersediaan stok serta harga bahan pangan yang terjangkau

“Kita juga mendorong kementerian dan lembaga terkait untuk menyiapkan jalur alternatif distribusi pangan bila ada hambatan. Mengimbau para pelaku usaha untuk tidak berspekulasi, melakukan penimbunan atau menahan stok, sengaja mengurangi distribusi dan menaikkan harga,” ujarnnya. (SP)

Related posts

Dinas PPKUKM DKI Tak Mampu Selesaikan Kasus Pungli di Lokbin…

Sandi

Tak Mau Pakai Masker dan Tak Percaya COVID-19, Seorang Pria Diamankan

Ester Minar

Kaesang Marah Lantaran Jadwal Penerbangan Diubah, Lion Air Buka Suara

Ester Minar

Leave a Comment