suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Ledakan Misterius di Ladang, TNI AD Selidiki

SPcom SAGULING – Terdengar suara ledakan di sebuah lahan kebun jagung di Kampung Cibarengkok, RT 03/04, Desa Cipangeran, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Akibatnya membuat tanah berlubang sedalam 2 meter.

Ledakan itu disebabkan oleh peluru meriam nyasar. Namun kepastian penyebab ledakan itu masih diselidiki.

“Apa yang jadi penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak berwenang, jadi belum bisa dipastikan,” kata Kapolsek Batujajar AKP Heru Rustiono saat dikonfirmasi, Selasa (13/12/2022).

AKP Heru Rustiono memastikan jenis benda dan asalnya dari mana, serpihan dan material dari benda tersebut sudah dibawa oleh instansi terkait untuk diuji di PT Pindad.

Meskipun diduga ledakan itu dari peluru meriam nyasar, namun polisi tidak mau berspekulasi.

Terkait serpihan dan material dari peluru meriam atau benda yang menyebabkan ledakan itu sudah dibawa instansi terkait untuk diuji.

“Nanti kalau hasilnya sudah ada, disampaikan seperti apa hasilnya,” ujar AKP Heru Rustiono.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari saksi mata, tutur Kapolsek Batujajar, ledakan itu diduga dari peluru meriam nyasar. Warga melihat asap hitam, suara gemuruh, dan ledakan, di lahan kebun jagung di Kampung Cibarengkok.

“Dampak yang ditimbulkan dari ledakan itu, hanya tanah berlubang dengan kedalaman sekitar 2 meter diameter 3 meter lebih,” tutur Kapolsek Batujajar.

Diketahui ledakan misterius terdengar sangat keras oleh warga dari area kebun jagung. Saat itu juga material tanah berhamburan atau berterbangan ke atap masjid yang tidak jauh dari lokasi.

Bahkan salah seorang pelajar SMP ada yang kaget dan pingsan karena kerasnya ledakan. TNI AD ikut menyelidiki sumber ledakan tersebut.

“Memang benar ada peluru yang meledak dan lokasinya jauh dari sasaran. Hal itu dikroscek di lokasi dan adanya laporan dari warga,” ujar Kapen Pussen Armed Mayor Arm Sunar, Rabu (14/12).

Pihaknya menyebutkan, pada waktu dan saat yang bersamaan dengan peristiwa ledakan tersebut, ada dua instansi yang kebetulan sedang melakukan tembakan.

“Ada dari PT Pindad uji coba tank (bertempat di Lapangan Kartika Pusdikif). Kemudian dari Pusdik Armed, dalam rangka latihan menembak senjata berat atau meriam (berlokasi di Lapangan Tembak Batujajar),” ujarnya.

Namun, sampai saat ini, pihaknya masih belum bisa memastikan siapa pihak yang menembakkan benda yang menjadi sumber ledakan di lokasi tersebut.

“Siapa yang menembak sampai saat ini semuanya masih proses pengembangan dan penyelidikan,” tutur dia. (SP)

Related posts

Targetkan Turun Level PPKM, Jatim Kebut Vaksinasi Lansia

Sandi

Hasnaeni Pura-pura Sakit-Teriak Histeris Saat Dijemput Paksa Kejagung

Ester Minar

Selundupkan Dua Liter Kokain Cair, Polda Metro Tangkap Pria Asing

Ester Minar

Leave a Comment