suryapagi.com
NASIONALNEWS

Inilah 4 Sosok Cawapres Dengan Elektabilitas Kuat

SPcom JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) masuk empat besar sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres)  dengan elektabilitas kuat. Hal itu tertuang dalam survei teranyar Lembaga Survey Nasional (LSN) yang dilaksanakan 16-29 November 2022.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan sosok RK menempati elektabilitas tertinggi sebagai Cawapres 2024 dengan 23,8 persen. Berturut-turut, muncul sosok Menparekraf Sandiaga Uno (18,7%), Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (12,4%), dan Moeldoko (10,5%).

“Ada empat tokoh yang paling dinominasikan publik sebagai cawapres, yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY, dan Moeldoko,” ujar dia dalam keterangannya, seperti dilansir JPNN.com, Minggu (18/12).

Bakry menjelaskan nama Erick Thohir yang dalam survei-survei sebelumnya menjadi pilihan publik bersama RK dan Sandiaga, kali ini terlempar dari empat besar.

Dia juga mengatakan RK apabila disimulasikan dengan sosok Capres 2024 potensial akan menguatkan angka kemenangan. Sandiaga juga memiliki tingkat keterpilihan tinggi, terang Bakry.

Dia mengatakan masih ada sisa waktu 14 bulan jelang pelaksanaan Pemilu 2024 untuk hadirnya kuda hitam dalam pesta demokrasi mencari Presiden RI.

Menjelang Februari 2024, Moeldoko dan RK bisa saja menyodok ke papan atas meramaikan bursa capres, sedangkan pos cawapres sangat terbuka munculnya nama baru.

“Seperti pernah terjadi pada Pilpres 2009 dan Pilpres 2019, bahkan Jusuf Kalla (JK) pun ketika maju sebagai cawapres pada 2004 dan 2009 juga tidak masuk hitungan dalam rilis survei berbagai lembaga riset,” tuturnya. (SP)

Related posts

Kaesang Pangarep Buka Bursa Lapangan Kerja Berupaya Turunkan Angka Pengangguran

Ester Minar

KSPI Ancam Mogok Kerja Nasional Jika UU Cipta Kerja Tak Dibatalkan

Sandi

Warga Madura Demo di Area Balai Kota Surabaya Lantaran Merasa Didiskriminasi

Ester Minar

Leave a Comment