Diduga Simpatisan ISIS, Polisi Ringkus Terduga Teroris

0 5

SPcom SLEMAN – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap teroris berinisial AW (39) di Pendowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (22/1).

“Pada hari Minggu, tanggal 22 Januari 2023, pukul 06.00 sampai 09.00 WIB, telah dilakukan penangkapan terhadap satu orang target tindak pidana terorisme berinisial AW (39) di sekitar area jalan Pendowoharjo, Sleman, DIY,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya.

Dia mengatakan, AW terafiliasi dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“(AW) merupakan simpatisan ISIS yang aktif mem-posting gambar dan video propaganda ISIS di media sosial, serta mem-posting seruan provokatif untuk melakukan aksi teror,” kata Ahmad, seperti dilansir kompas.com.

Ahmad menambahkan, AW memiliki keinginan melakukan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak.

Baru-baru ini, Densus 88 juga menangkap tiga tersangka teroris di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan (Tangsel) pada Jumat (20/1/2023). 

Ketiga tersangka teroris yang ditangkap itu berinisial AS, ARH, dan SN. Ramadhan menyebut, AS ditangkap di Jakarta Utara. AS berasal dari jaringan teror Negara Islam Indonesia (NII).

Sementara itu, dua tersangka lainnya berasal dari organisasi masyarakat yang dinyatakan terlarang di Indonesia.

“ARH ditangkap di Jakarta Selatan. SN di Tangsel. Nomor 2 dan 3 adalah DPO penangkapan Maret 2021 kelompok FPI Condet,” ujar dia. (SP)

Leave A Reply

Your email address will not be published.