suryapagi.com
BISNISEKBISREGIONAL

Pertamina Uji Coba “Full Cycle” Program BBM Bersubsidi di Bengkulu

SPcom BENGKULU – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel akan melakukan uji coba full cycle atau penerapan program subsidi tepat secara menyeluruh, mulai 6 Februari mendatang di Bengkulu.

Bagus Handoko, Sales Area Manager Ritel Lampung-Bengkulu mengungkapkan, penetapan wilayah uji coba mempertimbangkan beberapa faktor.

“Antara lain kesiapan infrastruktur digital dan kesiapan bantuan untuk pendaftaran di lapangan. Penetapan wilayah uji coba ini juga sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah,” jelas Bagus, usai audiensi bersama pemerintah daerah, Selasa (31/1/2023).

Untuk diketahui, pembelian solar bersubsidi dengan QR code bertujuan agar penyaluran lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kuota harian. Hal tersebut sesuai ketentuan dalam Surat Keputusan Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Merujuk aturan tersebut, setiap kendaraan memiliki ketentuan kuota harian, yakni maksimal 60 liter per hari untuk kendaraan pribadi roda empat. Maksimal 80 liter per hari untuk kendaraan umum angkutan orang atau barang roda empat.

“Dan maksimal 200 liter per hari untuk kendaraan umum angkutan orang atau barang roda enam atau lebih,” ucapnya.

Adapun bagi masyarakat yang belum mendaftarkan diri dalam subsidi tepat, maka pembelian solar dibatasi maksimal 20 liter per hari.

“Saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk dapat segera mendaftarkan kendaraannya melalui program subsidi tepat agar BBM subsidi dapat benar-benar tersalurkan kepada masyarakat yang berhak,” sebutnya.

Masyarakat dapat melakukan pendaftaran program subsidi tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Atau melalui aplikasi MyPertamina, maupun pendaftaran secara langsung di SPBU Pertamina.

Untuk melakukan pendaftaran kosumen perlu menyiapkan dokumen yang nantinya akan diupload melalui website yaitu Foto KTP, Foto Diri, Foto STNK (tampak depan dan belakang), Foto Kendaraan tampak keseluruhan, Foto Kendaraan tampak depan Nomor Polisi dan Foto KIR bagi kendaraan pengguna KIR.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri menyebutkan, pihaknya mendukung penuh program subsidi tepat sasaran di wilayah Bengkulu.

“Pada prinsipnya, pemerintah sangat mendukung program subsidi dari Pertamina, agar penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Ini bukan hanya mengatasi kemacetan antrian BBM tapi menjadi salah satu program untuk mengentaskan kemiskinan,” tegasnya. (Andi)

Related posts

Remaja Bacok Teman Lantaran Cemburu Telah WA Pacarnya

Ester Minar

Viral Kades Tenggak Miras, Bupati Turun Tangan

Ester Minar

Geger! Mumi Ditemukan di Tas Makanan

Ester Minar

Leave a Comment