suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Gunung Semeru Erupsi Hingga 700 Meter di Atas Puncak

SPcom LUMAJANG – Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur kembali erupsi dengan ketinggian letusan hingga 700 meter di atas puncak pada Rabu (1/2) pukul 07.29 WIB.

“Terjadi erupsi Gunung Semeru pada 1 Februari 2023, pukul 07.29 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 700 meter di atas puncak,” kata petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Sigit Rian Alfian di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang seperti dikutip Antara.

Menurut Sigit, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut dan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 80 detik.

Sementara Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Joko Sambang mengatakan pihaknya mendapat laporan dari petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru.

“Secara visual pada periode pengamatan 1 Februari 2023 pada pukul 06.00-12.00 WIB teramati 19 kali letusan dengan tinggi 500-700 meter dan warna asap kelabu,” tuturnya.

Ia mengatakan Gunung Semeru terlihat jelas hingga berkabut, kemudian asap kawah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 300-700 meter di atas puncak kawah.

“Letusan gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu disertai gemuruh lemah hingga sedang. Gunung Semeru berstatus siaga atau Level III,” katanya.

Aktivitas kegempaan tercatat jumlah letusan sebanyak 19 kali dengan amplitudo 15-23 mm, hembusan tiga kali dengan amplitudo 8-10 mm, dan tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 29 mm.

Joko mengatakan masyarakat diimbau untuk mematuhi rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) seiring dengan status siaga Gunung Semeru.

“Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi),” katanya, seperti dilansir cnnindonesia.com. (SP)

Related posts

Sadis! Pria Bakar Istri dan Dua Anak

Ester Minar

Geger, Mayat Wanita Ditemukan Terbungkus Selimut Putih

Ester Minar

Perkosa dan Sebar Video Bugil Mantan Pacar, Seorang Pria Ditangkap

Sandi

Leave a Comment