suryapagi.com
NASIONALNEWS

Pesawat Hercules Pembawa Bantuan Dari Indonesia Tiba di Turki

SPcom JAKARTA – Pesawat Hercules C-130 TNI AU yang membawa bantuan dari Indonesia telah tiba di Turki, Selasa (14/2/2023).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha dalam rilis yang dikutip Suryapagi.com, Rabu (15/2/2023).

Menurut Edwin, Menhan RI Prabowo Subianto juga memerintahkan agar pesawat yang memiliki daya angkut 10 ton tersebut untuk sementara diperbantukan ke Badan Penanggulangan Bencana Turki (AFAD) hingga 20 Februari 2023.

“Alhamdulillah kegiatan yang dilakukan mulai dari keberangkatan sampai dengan aktivitas perbantuan berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya.

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal mengucapkan terima kasih kepada Kemhan RI yang telah memberikan pesawat tersebut untuk diperbantukan.

“Bapak Menhan RI yang memberikan perintah agar pesawat Hercules dan kru tersebut diperbantukan kepada pihak Turki untuk penanggulangan bencana. Beliau paham bahwa dalam situasi seperti ini masalah supply logistik menjadi sangat kritis. Oleh karena itu beliau ingin Indonesia bisa membantu”, tuturnya.

Sampai dengan Selasa (14/2), pesawat Hercules C-130 TNI AU telah melaksanakan pendistribusian bantuan logistik ke Bandara Kahramanmaras sebanyak 2 tahap pengiriman.

Tahap pertama dengan total 7.5 ton berupa pakaian semua umur, selimut, bed cover dan perlengkapan mandi dan sanitasi.

Tahap kedua pesawat tersebut membawa bahan logistik dengan berat total 8.5 ton yang terdiri dari kasur, bantal, selimut, scraf dan makanan.

Saat kembali dari Bandara Kahmaranmaras, pesawat angkut TNI AU tersebut membawa 30 orang. Termasuk bayi berumur tiga bulan, yang terdampak bencana menuju ke Ankara.

“Pihak Turki sangat berterima kasih. Indonesia adalah satu-satunya negara yang meminjamkan pesawat angkut kepada Pemerintah Turk,” imbuh Dubes Iqbal.

Selama di Turki, pesawat TNI tersebut akan berbasis di Lanud Militer Turki Estimesgut, Ankara.

Related posts

MUI: Kami Tidak Pernah Sama Sekali Mau Jadikan Oklin Fia Sebagai Duta MUI!

Ester Minar

PPKM Darurat, Ustaz Sofwan Nizhomi: Jebakan Menghalangi Idul Adha

Sandi

Pria Bakar Istri Karena Tak Diberi Uang

Ester Minar

Leave a Comment