suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Viral! Tanah Bergoyang Saat Diinjak

SPcom LUMAJANG – Belakangan ini viral di media sosial sebuah video yang memperlihatkan fenomena tanah bergoyang di Lumajang, Jawa Timur.

Hal itu belum diketahui pasti penyebab fenomena tanah bergoyang tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, perangkat desa setempat memasang tanda di sekitar lokasi agar tidak dilintasi.

Dalam video memperlihatkan fenomena tanah bergoyang saat diinjak oleh seorang warga. Nampak tanah bergerak seperti ada kandungan air di dalam tanah ketika ada sesuatu yang berada di atasnya atau saat diinjak-injak.

Diketahui, lokasi pengambilan video viral tersebut berada di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang tepatnya di tepi aliran lahar dingin Gunung Semeru.

Menindaklanjuti viralnya fenomena tanah bergoyang tersebut, perangkat desa setempat langsung meninjau lokasi untuk memastikan luasan tanah.

Saat diukur ternyata luasan tanah bergoyang tersebut hanya sekitar 3 meter kali 3 meter persegi, dan berada di jalur yang biasa dilintasi truk tambang pasir.

Perangkat desa, Sutasmir mengatakan, belum diketahui pasti penyebab fenomena tanah bergoyang tersebut. Namun, diduga fenomena itu terjadi karena ada kandungan air di dalam tanah yang tertutup lapisan tanah di atasnya.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, perangkat desa setempat memberi tanda di lokasi tanah bergerak tersebut menggunakan kayu agar tidak dilintasi truk tambang pasir. (SP)

Related posts

Lupa Cabut Kabel Rice Cooker dan Kipas, Sebuah Rumah Ludes Terbakar

Ester Minar

Polres Bengkulu Utara Bagikan Ratusan Paket Daging Kurban

Sandi

Pj Heru Dituding Penjahat Pendidikan, Akademisi Nilai Komentar Koordinator Solidaritas Pemuda Ngawur

Ilham Sma15

Leave a Comment