suryapagi.com
NEWSRAGAM

Pejabat Disanksi Lantaran Perintahkan Kuras Air Bendungan Demi Cari HP

SPcom JAKARTA – Seorang pejabat di India memerintahkan pengurasan sebuah bendungan demi mencari telepon genggamnya yang terjatuh saat berswafoto atau selfie. Akibat perilakunya ini, sang pejabat India itu dijatuhi sanksi penonaktifan.

Dilansir BBC, Minggu (28/5/2023), pejabat lokal bernama Rajesh Vishwas itu menjatuhkan telepon genggamnya ke dalam bendungan itu saat selfie. Selama tiga hari jutaan liter air pun dipompa keluar Bendungan Kherkatta yang ada di wilayah Chhattisgarh, demi mencari ponsel Vishwas.

Ketika ditemukan, telepon genggam seharga 100.000 Rupee, atau setara 18 juta itu, bahkan sudah terlalu basah untuk bisa berfungsi kembali.

Vishwas yang menjabat sebagai pemeriksa makanan itu mengklaim telepon genggam itu berisi data sensitif pemerintah dan perlu ditemukan. Namun kemudian dia dituduh menyalahgunakan jabatannya.

Setelah mengerahkan penyelam-penyelam lokal yang gagal menemukan telepon genggam itu, Vishwas membayar sewa pompa diesel untuk dibawa masuk ke dalam kompleks bendungan. Dia mengklaim mendapatkan izin verbal dari pejabat terkait untuk mengalirkan air bendungan ke kanal terdekat.

“Itu sebenarnya akan menguntungkan para petani yang memiliki lebih banyak air,” klaim Vishwas dalam pernyataan via video yang dikutip media lokal India.

Pompa air itu bekerja selama beberapa hari dan menguras air sekitar dua juta liter, yang cukup untuk mengairi lahan pertanian seluas 6 kilometer persegei. Upaya Vishwas itu dihentikan saat seorang pejabat lainnya dari Departemen Sumber Daya Air mendatangi lokasi karena mendapatkan pengaduan.

“Dia dinonaktifkan sampai penyelidikan selesai. Air merupakan sumber daya yang penting dan tidak bisa disia-siakan seperti ini,” tegas seorang pejabat distrik Kanker, Priyanka Shukla, kepada surat kabar The National.

Vishwas membantah tuduhan menyalahgunakan jabatannya, dan mengklaim bahwa air yang dipompa keluar itu berasal dari bagian bendungan yang meluap, serta ‘tidak dalam kondisi yang bisa digunakan’. Tindakan Vishwas itu menuai kritikan dari politisi-politisi lainnya.

“Ketika orang-orang bergantung pada tanker fasilitas air di musim panas yang terik, petugas telah menguras 41 lakh liter air yang seharusnya digunakan untuk irigasi 1.500 hektare tanah,” kritik wakil presiden partai oposisi setempat. (SP)

Related posts

Pengurus SMSI DKI Jakarta Buka Ruang Kolaborasi Dengan Pemprov DKI

Sandi

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Bangun Sumber Air Bersih

Rasid

Sadis! Ayah-Anak Bacok Keponakan Hanya Karena Pohon

Ester Minar

Leave a Comment