suryapagi.com
NASIONALNEWSRAGAM

Presiden Jokowi Resmi Buka KTT ASEAN 2023: Saya Yakin Seluruh Negara Bangga dan Cinta Terhadap ASEAN

SPcom JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya pada pagi hari ini, Selasa (5/9). Pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC).

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka,” kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa (5/9/2023).

Jokowi sangat senang dengan kedatangan para pemimpin ASEAN di Jakarta hari ini. Begitupun masyarakat Indonesia sangat senang menyambut keluarga besar ASEAN.

“Saya yakin tidak hanya Indonesia, tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama, memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN,” kata Jokowi.

“Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar pertanyaan publik terkait ASEAN yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?,” kata Jokowi.

“Yang Mulia pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik,” tegasnya.

Menurutnya, kesatuan untuk diartikan tidak ada perbedaan pendapat. Sebab katanya, sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa dan agama bagi Indonesia kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan

“Termasuk di dalamnya perbedaan pendapat. Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara,” pungkasnya. (SP)

Related posts

Anggota DPRD Tewas di Hotel Usai Pijat

Ester Minar

Diduga Gelapkan Uang Bisnis, Vicky Prasetyo Dipolisikan

Ester Minar

Viral, Barang-barang Minimarket Hanyut Diterjang Banjir

Ester Minar

Leave a Comment