suryapagi.com
METRONEWS

Empat Ruangan Di Museum Nasional Terbakar, Polisi Berjaga Ketat Pasca Pemadaman

SPcom JAKARTA – Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, terbakar pada, Sabtu (16/9/2023) malam. Ada empat ruang di Gedung A yang terbakar parah, salah satunya ruang prasejarah.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, Museum Nasional memiliki tiga gedung, yakni A, B dan C. Dan api melahap empat ruangan Gedung A, dua di sisi kanan dan dua di tengah.

“Setelah kami datangi memang betul terjadi kebakaran di Gedung A di sana tertulis ruang prasejarah Gedung A. Memang di sana ada tempat penyimpanan dan juga ruang tunggu,” ujarnya.

Kebakaran di Museum Nasional itu terjadi pada Sabtu (16/9/2023) dan dilaporkan terjadi pukul 20.00 WIB tadi. Luas bangunan gedung yang terdampak sekitar 600 meter persegi.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta atau pemadam kebakaran (damkar) menyatakan kebakaran Museum Nasional disebabkan oleh letupan pendingin udara (AC). Kebakaran berasal dari bangunan nonpermanen pekerja di belakang gedung.

Pasca pemadaman, anggota Kepolisian ditempatkan di sisi depan dan belakang untuk menjaga Museum Nasional.

“Satuan personel kita siapkan baik di bagian depan maupun belakang, mengingat memang kita ketahui bahwa di gedung A sendiri banyak disimpan barang berharga, bernilai sejarah yang cukup tinggi. Jadi untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan oleh karenanya kita akan melakukan penutupan sementara sampai nanti dinyatakan oleh pengelola sendiri bahwa tempat ini sudah bisa dibuka lagi untuk umum,” terang Komarudin.

Related posts

Pemprov DKI Kerahkan 99 Personel-Kirim Bantuan Rp 2 Miliar Untuk Korban Gempa

Ester Minar

Anggota DPRD Ngamuk! Pukul Pengunjung di Minimarket

Ester Minar

Lakukan Pelecehan Seks Terhadap Anak Lewat Game Free Fire, Pria Ditangkap

Ester Minar

Leave a Comment