suryapagi.com
NEWSRAGAM

Pemerintah Resmi Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung ‘WHOOSH’ , Ini Artinya

SPcom JAKARTA – Pemerintah resmi memberi nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) adalah Whoosh. Nama ini diumumkan saat Press Conference Kandidat Nama dan Logo Kereta Cepat Indonesia, Kamis (21/9/23).

Presiden Joko Widodo pun sudah menyetujui ini, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi serta pemangku kepentingan lainnya.

“Namanya adalah Whoosh, jadi kita bilang whoosh whoosh whoosh, Bapak Presiden, Pak Menteri, selalu ketika di dalam kereta itu selalu whoosh whoosh whoosh. Nama ini udah ditentukan,” Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia, Triawan Munaf.

Nama ini akan diterapkan mulai dari stasiunnya nanti, bahkan bertahap di interior keretanya. Bukan tidak mungkin nama ini bakal juga diterapkan pada nama kereta cepat Jakarta-Surabaya jika nantinya berlanjut.

“Paling penting masyarakat sudah punya sebutan, bukan naik KCIC, KCJB tapi naik Whoosh. Whoosh akan jadi satu istilah yang sesuai. Mungkin nanti ke Surabaya naik Whoosh pada waktunya,” ujar Triawan.

Dalam bahasa Indonesia, Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Namun, nama ini juga merupakan bahasa inggris yang bisa diartikan ke dalam bahasa Indonesia.

“Whoosh dalam bahasa asing artinya cepat, kita perlu satu istilah yang bukan diterima secara local tapi juga internasional,” lanjutnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui bahwa sudah membicarakan nama ini setidaknya dalam tiga minggu terakhir, yakni Bersama Jokowi, Erick Thohir hingga Mensetneg Pratikno.

“Itu upaya luar biasa, saya surprise dapat kata whoosh, wah bagus juga ya,” sebut BKS. (SP)

Related posts

Ustadz Cabuli 34 Santriwati di Pondok Pesantren

Ester Minar

Tabung Gas Meledak di Warteg, Terdapat 5 Korban

Ester Minar

Ririn Dwi Ariyanti Ternyata Sudah Lebih Dulu Menggugat Cerai Aldi Bragi

Ester Minar

Leave a Comment