suryapagi.com
NASIONALNEWS

KSAD Canangkan Gerakan Revitalisasi Sungai Deli Medan

SPcom MEDAN – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman secara resmi mencanangkan Gerakan Revitalisasi Sungai Deli Medan, Sumatera Utara, Rabu (27/9/2023).

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara TNI AD, Pemerintah Kota Medan, Polri dan juga unsur masyarakat dengan melibatkan 2.303 personel. Gerakan ini akan membersihkan aliran Sungai Deli sepanjang 34,5 Km, dengan pelaksanaan 64 hari.

Menurut Dudung, ini untuk menunjukkan kepedulian bersama terhadap keberadaan sungai dan peran pentingnya dalam ekosistem dan kehidupan manusia. Tidak hanya bagi sumber air, tetapi juga habitat flora fauna, sumber makanan, pariwisata dan lainnya.

“Kegiatan ini mencontoh apa yang telah dilakukan pada Citarum Harum dan Ciliwung Bersih. Tujuannya agar fungsi Sungai Deli bisa kembali seperti sediakala,” ujar Dudung.

Dudung berharap, upaya normalisasi Sungai Deli ini akan diikuti oleh program tindakan lanjutannya. Mulai dari aksi penghijauan, pembuatan taman edukasi dan ruang rekreasi bantaran sungai, hingga tersedianya pengelolaan limbah sedimentasi sungai.

“Kegiatan ini sangat penting dalam rangka mewujudkan lingkungan bersih, indah, dan sehat, serta bebas banjir. Kita semua harus bekerja sama, bergotong royong dan saling bahu-membahu untuk melakukan kegiatan yang mulia ini dengan tulus dan ikhlas,” tandasnya.

Related posts

Bejat, Pria Cabuli Anaknya Dengan Iming-iming Rp 200 Ribu

Ester Minar

Viral! Pengantin Dapat Hadiah Tumpukan Kalung Uang dari Tamu

Ester Minar

Viral! Video TNI Dukung Anies Baswedan, Kapuspen TNI: Itu Hoaks!

Ester Minar

Leave a Comment