suryapagi.com
HEADLINENEWS

TikTok Shop Resmi Ditutup Hari Ini

SPcomJAKARTA – TikTok Shop resmi ditutup hari ini, Rabu 4 Oktober 2023, jam 17.00 WIB. Manajemen TikTok memutuskan menutup layanan sosial e-commerce TikTok Shop setelah mendapat banyak penentangan dari berbagai pihak, termasuk oleh pemerintah.

Pada prinsipnya manajemen TikTok akan patuhi semua peraturan dan hukum di Indonesia. Oleh karena itulah, pada hari Rabu (4/10/2023), jam 17.00 WIB TikTok Shop resmi tutup.

“Prioritas utama kami mematuhi dan menghormati peraturan hukum sebagaimana yang berlaku di Indonesia. Sehingga kami tidak lagi memfasilitasi layanan transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai tanggal 4 Oktober, jam 17.00 WIB,” tulis manajemen TikTok, Rabu (4/10/2023).

Meski begitu, pihak manajemen akan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah untuk melangkah terkait rencana bisnis TikTok ke depan.

Sementara itu, sebelumnya pemerintah juga telah memberikan waktu sosialisasi selama 7 hari kepada manajemen TikTok untuk melakukan transisi. Dalam hal ini memisahkan aktivitas jual belinya.

Beleid itu mulai berlaku tanggal 26 September 2023, berarti pemerintah akan secara resmi melakukan penutupan terhadap TikTok Shop pada tanggal 4 Oktober 2023.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan menegaskan, TikTok Shop resmi ditutup. Apabila TikTok Shop masih mau eksis harus mengurus dulu izin e-commerce (perdagangan elektronik).

“Silahkan jika ingin e-commerce, namun sosial commerce itu hanya untuk iklan dan promosi. Jika berjualan, online atau e-commerce ya. Jadi pelaku usaha dan yang belanja tinggal memilih saja,” kata Mendag Zulhas. (SP)

Related posts

KPAI: Bahaya! Situs Judi Online Ditemukan Pada Mainan Anak-anak

Ester Minar

Mobil Ketua DPRD Ditilang, Pakai Pelat Palsu

Ester Minar

Siswa SMP Nekat Bakar Sekolah Hingga Ludes

Ester Minar

Leave a Comment