suryapagi.com
NEWS

Presiden Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Mentan Gantikan SYL

SPcom JAKARTA – Presiden Jokowi melantik Andi Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian untuk kali kedua. Sebelumnya, posisi Mentan dijabat oleh Arief Prasetyo sebagai Plt Mentan.

Pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelahnya, Deputi Administrasi Setneg Nani Purwati membacakan Keputusan Presiden mengenai pelantikan Amran sebagai Mentan. Keppres tersebut Keppres Nomor 101b tentang pengangkatan Mentan Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Mengangkat Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian untuk sisa masa jabatan 2019-2024,” kata Nanik membacakan putusan, Rabu (25/10).

Setelah pembacaan Keppres, Jokowi melantik Amran. Jokowi membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti Amran.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Amran mengikuti Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjut Amran.

Setelah membacakan sumpah jabatan, Amran menandatangani Berita Acara Pelantikan. Kemudian acara pelantikan ditutup dengan Lagu Indonesia Raya.

Dengan demikian, Amran kembali menjadi Mentan. Sebelumnya, Amran adalah Mentan di periode pertama pemerintahan Jokowi.

Seperti diketahui, Amran menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengundurkan diri karena ingin menghadapi masalah hukum di KPK. SYL kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di KPK. (SP)

Related posts

Pria Tewas Tergantung di Flyover, Mata-Mulut Ditutup Lakban

Ester Minar

Tiga Pengungsi Rohingya Melahirkan di Tempat Penampungan di Aceh

Ester Minar

Driver Ojol Dibunuh Saat Tidur di Pinggir Jalan

Ester Minar

Leave a Comment