suryapagi.com
NEWSREGIONAL

Presiden Jokowi Resmikan Enam Jembatan Dengan Anggaran Rp 292 Miliar

SPcom JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan enam jembatan gantung Callender Hamilton baru di kawasan lintas utara Pulau Jawa. Tujuannya untuk menggantikan jembatan yang telah berumur tua.

“Setelah kemarin di Lintas Selatan kita resmikan tiga jembatan sebagai pengganti tiga jembatan Callender Hamilton, pada sore hari ini juga di Lintas Utara akan kita resmikan enam jembatan sebagai pengganti jembatan Callender Hamilton yang sudah lebih dari 40 tahun usia layanannya,” kata Jokowi, Rabu (3/1/2024).

Enam jembatan itu yakni Jembatan Pemali Brebes B, Jembatan Pedes B di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto II A di Kabupaten Demak, Jembatan Juana I A di Kabupaten Pati, dan Jembatan Pang I di Kabupaten Rembang.

Harapannya jembatan baru ini dapat menampung beban yang lebih berat hingga mempercepat mobilitas orang maupun barang. Adapun Jokowi menyebut total biaya konstruksi pembangunan jembatan ini mencapai Rp 292 miliar, dengan total investasi Rp 705 miliar.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah mengganti tiga jembatan CH di Lintas Selatan Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024). Ketiga jembatan itu antara lain Jembatan Tajum Margasana Banyumas, jembatan Tajum Karangbawang Banyumas, dan jembatan Jurug B Solo – Karang Anyar.

Jokowi mengatakan jembatan Tajum Margasana dibangun dengan anggaran senilai Rp 72 miliar, sedangkan Tajum Karangbawang senilai Rp 89 miliar.

Adapun jembatan Jurug B senilai Rp 90 miliar. Artinya total ongkos pembangunan yang digelontorkan mencapai Rp 251 miliar. (SP)

Related posts

Mahasiswi Tewas Terjatuh dari Lantai 6 Saat Praktik Kerja Lapangan

Ester Minar

Geger! Pria Diduga Caleg Terciduk Masukkan Satu Kantong Plastik Surat Suara Ke Kotak Suara

Ester Minar

Prabowo-Gibran Resmi Ditetapkan Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

Ester Minar

Leave a Comment