suryapagi.com
HEADLINEMETRONEWS

Atasi Masalah Sampah, Pj Walkot Tangerang Minta Harga Kantong Plastik Ditingkatkan

SPcom TANGERANG – Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin meminta pengelolaan sampah di wilayahnya dilakukan secara komprehensif. Bahkan pengusaha minimarket diminta untuk menjual kantong plastik dengan harga lebih mahal.

“Kita semua harus melakukan pengelolaan sampah secara komprehensif dan masif. Sehingga akan lebih efektif dan efisien dalam mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan,” ujar Nurdin, saat rapat yang berlangsung di Kantor DLH Kota Tangerang, Senin (22/01/2023).

Menurut Nurdin, pengelolaan sampah organik menjadi pupuk memiliki banyak manfaat. Secara ekonomi pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik juga dapat menjadi peluang bisnis.

“Secara lingkungan, pupuk organik dapat membantu mengurangi volume sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selain itu, pupuk organik juga dapat membantu memperbaiki kualitas tanah dan meningkatkan produktivitas perkebunan,” jelasnya.

Nurdin menjelaskan, pengelolaan sampah rumah tangga, industri yang dapat dijadikan pupuk organik dapat dilakukan dengan berbagai cara. “Bisa menggunakan magot, dan ini bisa dilakukan bersama masyarakat, jadi masyarakat bisa melakukan pemilahan sampah terlebih dahulu, sebelum sampah tersebut diangkut ke TPA,” kata Nurdin.

Nurdin mengatakan, sisa sampah yang tidak terpakai biasanya masih diangkut ke TPA. Dengan demikian, langkah menjadikan sampah sebagai pupuk dapat menjadi solusi untuk mengurangi penumpukan sampah.

“Kalau bisa minimarket dan pasar-pasar tidak lagi menggunakan plastik. Atau bisa juga minimarket menjual plastik dengan harga yang lebih mahal, supaya mengurangi penggunaan plastik dan sampah di masyarakat,” tandas Nurdin.

Related posts

Viral! Penonton Konser Bakar Panggung dan Sound System, Vendor Rugi Ratusan Juta

Ester Minar

Wakil Ketua DPRD Ditangkap Terkait Narkoba

Ester Minar

Polisi Gerebek Pesta Seks Orgy di Apartement

Ester Minar

Leave a Comment