suryapagi.com
NEWS

Polri Imbau Tak Pakai Sepeda Motor saat Mudik Lebaran

SPcom JAKARTA – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor saat melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Ia menjelaskan angka kecelakaan sepeda motor tergolong tinggi. Oleh karena itu, warga lebih baik menghindari potensi kecelakaan saat mudik lebaran nanti.

“Untuk penggunaan sepeda motor untuk mudik itu kita tidak melarang, tapi mengimbau,” kata Aan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (5/3).

Menurut data Korlantas selama arus mudik dan balik Lebaran 2023, hampir 70 persen kecelakaan melibatkan pengendara sepeda motor. Aan pun menyarankan masyarakat mengikuti program mudik gratis yang disediakan berbagai kementerian/lembaga.

Ia menambahkan Kementerian Perhubungan nantinya juga akan menyediakan program angkutan kendaraan bagi masyarakat yang ingin pulang kampung.

“Dari Kemenhub malah menyiapkan truknya, itu upaya-upaya untuk mengurangi masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk kembali ke kampung,” tuturnya.

Namun, kata Aan, jika masyarakat terpaksa menggunakan sepeda motor, maka harus dipastikan perjalanan dilakukan dalam kondisi yang benar-benar prima. Selain itu, perlengkapan seperti helm dan jaket harus dipakai.

“Gunakan perlengkapan, helm, kemudian sepatu, jaket untuk melindungi diri. Waktu istirahat, tolong dimanfaatkan betul, karena maksimal dua jam itu sudah lelah, konsentrasi sudah kurang,” ucapnya.

Aan juga meminta masyarakat yang mudik dengan sepeda motor agar tak berboncengan lebih dari satu orang dan tidak membawa barang yang berlebihan. Ia menegaskan hal ini membahayakan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. (SP)

Related posts

KKB Serang TNI-Polri Saat Amankan Salat Terawih, 2 Aparat Gugur

Sandi

Modus Ubah Uang Mainan Jadi Uang Asli, Kakek Sodomi Tiga Remaja

Ester Minar

Sadis, Pria Bunuh Wanita Dalam Karung Karena Kesal Ditagih Utang

Ester Minar

Leave a Comment